TANA PASER, Gerbangkaltim.com,- Kurang lebih 20 bulan, Letkol (Arh) Ardian Patria Chandra menjabat sebagai Komandan Kodim 0904 Tanah Grogot.

Berbagai kesan selama tinggal di Kabupaten Paser tidak bisa dilupakan oleh jebolan Akademi Militer Tahun 1999 ini.

Mulai dari kehangatan masyarakatnya, hingga kekompakan antar unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerahnya. Semua ia rasakan begitu penuh kekeluargaan.

Pada Rabu (20/2) Februari, merupakan waktunya untuk berpamitan, baik kepada seluruh jajaran Kodim yang telah bekerja dengannya selama kurun waktu 20 bulan ini, dan juga kepada jajaran Pemkab Paser dan masyarakat.

“Kesan selama 20 bulan berdinas di Paser, saya merasa nyaman karena masyarakat Paser begitu ramah dan hangat. Forkopimda hubungannya positif, tokoh agama dan masyarakat juga saling bergandengan,” kata Letkol (Arh) Ardian.

Kota Tanah Grogot kota yang bersih, hingga membuatnya nyaman untuk berolahraga mengelilingi kota di pagi hari. “Kotanya bersih membuat saya senang lari pagi keliling kota,” kata Letkol Ardian.

Yang tidak bisa dilupakan dari Paser kata Ardian adalah rasa solidaritas masyarakatnya. Masyarakat Paser memiliki jiwa sosial yang tinggi. Terbukti di setiap kegiatan yang digagas Kodim 0904/Tng, masyarakat selalu antusias turut serta dan membantu.

“Masyarakatnya juga jiwa sosialnya tinggi. Ini terbukti beberapa kegiatan yang diadakan kodim selalu ramai masyarakat berpartisipasi,” kata Ardian.

Selama kepemimpinan Letkol Ardian Kodim 0904/Tng telah melakukan kegiatan kemanunggalan TNi dengan masyarakat. Diantaranya yang paling dikenal adalah kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 di Desa Suliliran Baru pada 4 April 2018 lalu.

Dalam kegiatan itu Kodim 0904 membuka jalan masyarakat yang juga berfungsi sebagai jalan pertanian sepanjang 4 kilometer, pembuatan poskamling, tiga buah jembatan dan gorong-gorong, hingga pembinaan bela negara kepada para pelajar dan masyarakat. Program 1000 jamban, pembuatan jamban kepada warga tidak mampu pun secara massif dilakukan oleh jajaran Koramil.

“Saya pindah ke Mabes Angkatan Darat. Semoga apa yang sudah saya lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kepada Dandim yang baru semoga dapat lebih baik,” kata Ardian.

Letkol (Arh) Ardian secara resmi telah habis masa tugasnya. Penggantinya adalah Letkol (Czi) Widya Jinarko, jebolan Akademi Militer Tahun 2001. Sebelumnya ia menjabat sebagai Pabanya Pam di Sinteldam Mulawarman.(MC Kabupaten Paser)