Dharma Pertiwi Koorcab Samarinda Daerah F, Ajarkan Menabung Kepada Usia Dini

SAMARINDA – Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Samarinda Daerah F mencanangkan gebyar gemar menabung, makan ikan dan menanam pohon kepada usia dini. Hal tersebut dilaksanakan di Taman Kanak-kanak (TK) Kartika V-11/Air Putih yang bernaung dibawah asuhan Yayasan Kartika Jaya Koordinator Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Cabang 5 Daerah Mulawarman, Rabu (20/2/2019).

Kegiatan dengan tema Gebyar Gemar Menabung, Makan Ikan dan Menanam Pohon ini, merupakan peringatan HUT Ke – 55 Dharma Pertiwi. Kegiatan tersebut, diikuti oleh beberapa TK, yaitu, TK Kartika V-11 Air Putih, TK Kartika V-12 Awang Long, TK Kartika V-15 Loa Janan dan TK Kartika V-16 Samarinda Seberang. Kegiatan tersebut  diselenggarakan oleh Dharma Pertiwi Pengurus Koordinasi Cabang Samarinda Daerah F yang bekerjasama dengan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK),Bank BRI, Bank BCA dan Bank Mandiri.

Keseruan Saat para anak-anak belajar untuk menanam

Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Samarinda Daerah F, Novita Widi Prasetijono mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajarkan kepada usia dini kebiasaan untuk menabung. Sebab, menabung adalah hal yang positif, terutama di saat anak usia dini. Karena pada usia tersebut seorang anak telah mengenal arti dan fungsi uang. Serta usai kegiatan, mereka diajak untuk mempraktikkan hal yang telah didapatkan dengan langsung membuka rekening tabungan junior.

Selain itu, dengan membiasakan menabung berarti mengajarkan anak untuk berhemat. Sehingga,ketika mereka sudah besar nanti, kebiasaan tersebut telah tertanam dalam diri mereka semua. Oleh karena itu, Dia juga menghimbau kepada seluruh Orang Tua/Wali Murid, mengajarkan menabung pada anak bukan hanya di sekolah.  “Peran Orangtua di rumah jauh lebih baik untuk mulai mengajarkan menabung pada anak-anaknya diusia dini,” terangnya.

Saat penyerahan buku tabungan secara simbolis

Selanjutnya, Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Samarinda Daerah F melakukan pememukulan gong sebagai simbolis pencanangan gebyar gemar menabung. Serta menyerahkan buku tabungan secara sembolis kepada perwakilan salah satu murid TK Kartika V-11/Air Putih bernama Nurintan Anindya.

Tidak haya itu, mereka juga diajarkan untuk menanam pohon. Hal itu merupakan pembelajaran agar sejak dini mereka menjadi gemar untuk menanam dan investasi di masa depan. Sedangkan gerakan Makan Ikan merupakan gerakan moral yang memotivasi anak untuk mengkonsumsi ikan. “Tentunya secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia yang sehat, kuat, dan cerdas,” tutupnya. (gps)