Paser Kembangkan Varietas Unggul di 1.000 Ha Padi Sawah


TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kabupaten Paser pada tahun 2019 mengembangkan varietas bibit unggul di 1000 hektar lahan padi sawah yang tersebar di 5 kecamatan di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Paser Karoding melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, Yusuf mengatakan, sebanyak 25 ton benih padi sawah dikembangkan tahun ini guna meningkatkan produktifitas padi di lima kecamatan tersebut.

“Total ada 25 ton bibit varietas unggul yang dikembangkan di 1.000 hektar yaitu di Kecamatan Long Kali, Long Ikis, Kuaro, Tanah Grogot dan Paser Belengkong,” kata Yusuf di Tanah Grogot, Senin (25/2).

Varietas unggul dimaksud kata Yusuf adalah varietas ciherang, mekongga, cibogo dan inpari.

“1000 hektare bantuan benih dari Kementan ini varietas unggul nasional seperti ciherang, mekongga, cibogo dan inpari, disamping beberapa varietas yang biasa kita kembangkan di sini,” kata Yusuf.

Pengembangan varietas unggul tersebut kata Yusuf akan menyertakan peran penangkar pertanian di sejumlah kecamatan seperti di Desa Pepara Kecamatan Tanah Grogot, Desa Tajer Mulya Kecamatan Long Ikis, dan Desa Mendik Kecamatan long kali.

“Diharapkan dari mereka yang akan mensuplai benih yang akan dikembangkan ini,” ujar Yusuf.

Dengan dikembangkannya bibit varietas unggul ini diharap petani dapat meningkatkan produktifitas padi lebih banyak 5 sampai 6 ton per hektare. Upaya ini pun juga diharap dapat meningkatkan produktivitas tanam periode April hingga September, yang biasa lebih rendah dari musim tanam periode Oktober hingga Maret.

“Ini akan ditanam di musim April hingga September, biasanya di sini luas tanam di periode itu dibawah musim tanam Oktober hingga Maret. Harapannya bantuan ini bisa meningkatkan luas tambah tanam kita di periode April hingga September,” pungkasnya. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *