MAHULU, Gerbangkaltim.com,– Balikpapan (26/2), TMMD Ke-104 TA 2019 secara resmi dibuka  secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, termasuk  4 daerah  di wilayah Kodam VI/Mulawarman yaitu kodim 0912/Ktb (Kutaibarat), Kodim  0913/PPU (Penajam Paser Utara), Kodim 1008/Tjg (Tanjung, Kalsel) dan Kodim 1009/Plh (Pelaihari, Kalsel).

Untuk wilayah Kodim 0912/Ktb  kegiatan TMMD berlangsung di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dan secara resmi dibuka oleh Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh S.H

Upacara pembukaan berlangsung  di Kampung Memahak Besar, Ujoh Bilang dan Melaham Kec. Long Bangun Kab. Mahakam Ulu, Selasa (26/2/2019). Bertindak selaku komandan upacara Kapten Inf Rahman Pasiops Kodim 0912/ Kubar.

Sejumlah pejabat turut hadir  dalam kegiatan tersebut diantaranya Wakil Bupati, Pa Ahli Pangdam VI/Mlw Bidang OMSP Kol Inf Clement Haposan P. Siahaan, Kasiter Korem 091/ASN, Kajari Kubar, Ketua Pengadilan Negeri Kubar, Kapolres Kubar, Sekda Kab. Mahulu, Ketua DPRD Kab.Mahulu dan Staf, Kepala Inspektorat Mahulu, Para Kepala Dinas Mahulu, Para Kabag Mahulu, Kakesbangpol, Kakan Kemenag, Camat Long Bagun, Kapolsek Long Bagun, Para Petinggi Kec. Long Bagun, Kepala Adat Besar Mahulu, Kepala BRI Mahulu , Kepala Bank Kaltimtara, Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY, Ketua PKK Mahulu dan Pengurus, serta Ketua Persit KCK Cabang LXII Dim 0912 Rem 091 PD VI/Mlw dan Pengurus.

Dalam amanatnya Bupati Mahakam Hulu mengungkapkan TMMD tahun ini dipercayakan kepada Kodim 0912/Kubar sebagai hubungan kerja sama antara TNI AD dan Pemerintah Daerah Kab.Mahulu dalam melaksanakan program pemerintah dan percepatan pembangunan di Kabupaten Mahulu.

“TNI sebagai Tentara rakyat dan proaktif untuk membantu masyarakat dalam mengejar ketinggalan di daerah daerah lain. Seperti Kabupaten Mahulu merupakan Kabupaten  yang masih perlu membangun, karena sarana infrastrukturnya masih belum terpenuhi dan masih perlu banyak pembenahan yang tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Mahulu dengan program TMMD sehingga membantu perkembangan pembangunan di desa-desa yang masih tertinggal,” ujar Bupati Mahulu.

Diakhir Amanat Bupati Mahulu berharap kegiatan TMMD kedepan  terus berlanjut agar kemanunggalan TNI dan rakyat  semakin erat dan bersatu. Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI AD karena telah membantu perkembangan pembangunan di Mahakam Ulu.

Usai upacara kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan Bakti Sosial, KB Kes, pengobatan massal, pemeriksaan gigi, sosialisasi sikat gigi serentak usia dini dan peninjauan lokasi TMMD.(*/gk)

Sumber:Pendam VI/Mlw