PKK Komam Sertakan Kader Penyuluhan Stunting pada Lomba HKG 2019

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – PKK Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser menyertakan kader yang aktif dalam pembinaan dan penyuluhan stunting pada kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Kabupaten Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada April mendatang.

“Nanti ada kader kita yang mengikuti HKG di kabupaten semua peserta yang kami bawa insya Allah wajah baru, seperti Penyuluhan Stunting nanti yang kami bawa kader  dari desa lusan, penyuluhan Bina Keluarga Lansia anak muda dari kelurahan muara komam,” kata Sekretaris PKK Komam Sunarsih dihubungi di Tanah Grogot, Kamis (7/3).

Stunting merupakan kekurangan asupan gizi pada anak sehingga menyebabkan terhambatnya perkembangan tubuh. Dalam penyuluhan dan pembinaan Stunting kader PKK memberikan pemahaman kepada orangtua akan pentingnya memberikan asupan gizi yang cukup kepada anaknya.

“Itu kader dari Desa Lusan ya, aktif memberikan pemahaman kepada para orangtua akan pentingnya gizi yang cukup pada anak,” kata Sunarsih.

Selain penyuluhan Stunting, PKK Kecamatan Muara Komam juga menyertakan kader lain pada kegiatan HKG. Muara Komam telah menyeleksi peserta lomba yang akan mengikuti Hari Kesatuan Gerak PKK tingkat Kabupaten itu.

“Seleksi ini kali pertama, karena banyak peserta yang minta untuk mengikuti lomba. Kalau tahun lalu kita tidak ada seleksi,” kata Sunarsih.

Sebanyak 4 jenis lomba yang akan dipertandingkan pada kegiatan HKG nanti. Jenis lomba tersebut yaitu Lomba Penyuluhan Bina Keluarga Lansia, penyuluhan Bina Keluarga Balita, penyuluhan Stunting dan fashion show.

Setelah dilakukan seleksi, panitia akan melakukan pembinaan kepada peserta. “Setelah diseleksi akan ada pembinaan. Tahun sebelumnya pemilihan peserta hanya menunjuk langsung dari setiap PKK desa,” kata Sunarsih.

Alasan panitia melakukan seleksi peserta HKG menurut Sunarsih dikarenakan banyaknya potensi dan bakat yang dimiliki PKK di setiap desa yang bisa diperlombakan pada kegiatan itu. Apalagi  Kecamatan Muara Komam merupakan Juara Umum pada kegiatan HKG Tahun 2018 lalu.

“Banyak potensi dan bakat anggota PKK di setiap desa yang perlu dikembangkan dan bisa mengikuti lomba nanti. Apalagi kami tahun lalu juara umum sehingga kami ingin mempertahankan prestasi itu,” ujarnya. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *