Paser Bentuk Tim Pemantau Perkembangan Politik

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Kabupaten Paser Kalimantan Timur, membentuk Tim Pemantau Perkembangan Politik Daerah (TP3D) yang terdiri dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), KPU dan Bawaslu serta instansi terkait dan para camat setempat, Selasa (12/3).

Staf Ahli Bupati Paser Bidang Hukum dan Politik, Muslih menerangkan, tim yang dibentuk itu bertujuan untuk menguatkan koordinasi antar Forkopimda sehingga penyelenggaraan Pemilu serentak berjalan lancar.

“Tujuannya agar kita lebih mantap berkoordinasi antar Forkopimda, sehingga kendala yang dihadapi pada Pemilu bisa kita ketahui dan dapat diselesaikan secara bersama,” kata Muslih.

TP3D juga kata Muslih untuk menguatkan sinergitas antar instansi dan Forkopimda serta pemangku kepentingan lainnya, guna mewujudkan komitmen penyelenggaraan Pemilu damai dan demokratis.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Paser Tauhid mengatakan untuk selanjutnya koordinasi akan dilakukan di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik setempat. “Ya setelah pertemuan ini, forum ini selesai bukan berarti koordinasi kita selesai. Nanti kita, di kantor Kesbangpol TP3D ini berkoordinasi,” kata Tauhid.

Dalam forum itu juga para camat memaparkan permasalahan yang dihadapi di masing-masing wilayahnya. Diantaranya Camat Batu Engau, Paulus Marghita yang menyampaikan kondisi geografis yang kerap menjadi kendala penyaluran logistik.

Camat Muara Samu Amri Yuliadi juga menyampaikan kondisi jalan yang berlumpur saat terjadi hujan. “Ya, ini yang menjadi salah satu kendala kalau jalan berlumpur butuh perjuangan untuk penyaluran logistik,” kata Amri.

Setelah rapat itu selesai, Kepala Kesbangpol meminta kepada para camat untuk membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). “Setelah tim ini dibentuk, kami harap para camat membentuk FKDM di masing-masin wilayahnya. Sebagai wadah kita koordinasi,” tutur Tauhid. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *