Mahyudin Sosialisasi 4 Pilar MPR di Muara Komam

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Wakil Ketua MPR Mahyudin, Rabu (13/3) , melakukan sosialisasi 4 Pilar MPR kepada masyarakat Muara Komam Kabupaten Paser, Kaltim. Kegiatan tersebut digagas karang taruna kecamatan setempat. 

Dalam paparannya Mahyudin menerangkan pentingnya 4 pilar negara bagi bangsa Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

“Karena empat pilar inilah kita sekarang bisa berkumpul, menghargai perbedaan, dengan UU 1945 dan Pancasila sebagai dasar negara dan Bhineka Tunggal Ika,” kata Mahyudin.

UU1945 sebagai konstitusi negara dan ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan sudah bersifat final. Bhineka tunggal ika sebagai semboyan negara, sambung Mahyudin.

Ia mengatakan sosialisasi 4 Pilar merupakan tugas MPR untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat agar rasa cinta kepada tanah air dan negara bisa terus dipupuk, ditengah keberagaman dan perbedaan ras, suku dan agama.

“Makanya saya sampai jauh ke Komam, mensosialisasikan ini kepada bapak ibu. Karena penting sekali empat pilar ini, jangan dianggap remeh,” ujarnya.

Mahyudin mencotohkan berbagai negara yang harus pecah lantaran memegang satu ideologi atau paham yang tidak bisa mengakomodir perbedaan.

“Misal dulu ada yang mau merubah paham negara menjadi komunis. Atau paham kanan, menjadi khilafah. Bapak ibu tahu sekarang banyak pengungsi Suriah di sana, hidup di Turki, di lampu merah. Itu karena negara mereka perang,” tutur Mahyudin.

Mahyudin menerangkan sebelumnya 4 pilar dikenal dengan nama 4 pilar berbangsa dan bernegara, namun harus diubah karena terjadi multitafsir terhadap istilah itu.

“Apa itu 4 pilar. Dulu Namanya 4 pilar berbangsa dan bernegara. Istilah itu dianggap multitafsir. Makanya sekarang diganti jadi 4 Pilar MPR. Di Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 diamanatkan MPR yang mensosialisasikannya,” tutur Mahyudin.(MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *