Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Sebanyak 192 calon Jemaah haji Kabupaten Paser Kalimantan Timur pada Rabu (13/3) pagi, menjalani tes kesehatan dan kebugaran sebelum berangkat ke tanah suci pada pertengahan 2019 mendatang.

“Kegiatan ini untuk pengujian kebugaran calon Jemaah haji sebelum mereka berangkat. Seperti lari dan pemeriksaan kesehatan lain,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Paser Amperawati.

Pemeriksaan itu kata Amperawati  merupakan bagian dari pembinaan kepada calon Jemaah. Untuk Paser, ditargetkan 200 calon Jemaah yang akan mendapatkan pembinaan melalui sumber dana dekonsentralisasi Propinsi Kaltim.

Bagi calon Jemaah yang memiliki kebugaran yang baik, menjalani tes kesehatan berupa lari sepanjang 1,6 Kilometer. Sementara bagi lansia hanya lari sepanjang jalan 5 meter selama enam menit.

“Hasilnya nanti kami masiklan ke sistem informasi kesehatan haji. Setelah itu calon Jemaah mendapatkan edukasi dari Kantor Kementerian Agama,” kata Amperawati.

Tes kesehatan calon Jemaah diantaranya pemeriksaan kolesterol, tensi atau gula darah, dan asam urat. “Mana yang punya resiko tinggi, jamaah akan dapat konseling dari dokter dan kiat-kiat sebelum berangkat haji,” ucap Amperawati.

Setelah tes kedatangan sudah dijalani, calon jemaah juga diminta untuk melakukan latihan di rumah masing-masing.

“Karena ini simulasi. Sampai di rumah mereka harus berjalan paling tidak 6 kilometer selama tiga minggu. Sehingga nanti akan terbiasa fisiknya saat berada di tanah suci, apalagi di sana cuacanya beda,” pungkas Amperawati.  (MC Kabupaten Paser)