Gelar Simulasi, Lanal Balikpapan Didatangi Pengunjuk Rasa hingga Teroris

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,– Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan tiba-tiba menjadi ramai dan gaduh, ini terjadi sekitar pukul 9.00 wita. Pasalnya puluhan nelayan melakukan aksi unjuk rasa di depan pintu gerbang utama Jl. Yos Sudarso.

Aksi demo dari puluhan nelayan yang mendatangi Mako Lanal Balikpapan ini tidak terima dengan tindakan penegakan hukum yang dilakukan aparat dari Lanal Balikpapan yang menyita seluruh alat tangkap nelayan yang dinilai melanggar aturan telah dilarang oleh pemerintah.

Simulasi unjukrasa di depan gerbang Lanal Balikpapan.

Setelah masa dari para nelayan dibubarkan, tiba-tiba 4 orang teroris melakukan penyerangan dengan menggunakan senjata laras panjang dan bom.

Dengan sigap, prajuri Lanal dibantu personel Brimob Polda Kaltim berhasil melumpuhkan seluruh peneror tersebut dan berhasil menggagalkan upaya peledakan bom di Mako Lanal Balikpapan.

Simulasi saat teroris memasuki gerbang Lanal Balikpapan.

Namun, aksi keduanya tersebut merupakan sebuah simulasi yang dilakukan oleh Lanal Balikpapan.

Palaksa Lanal Balikpapan, Mayor Laut (P) Khairul Anwar menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai upaya antisipasi dalam kondisi darurat sehingga seluruh prajurit dapat memahami apa yang harus dilakukan jika berada dalam kondisi genting tersebut.

Selain melalui kegiatan ini juga dirinya berharap dapat meningkatkan rasa soliditas antar prajurit dalam mengamankan wilayah NKRI.

“Dengan simulasi ini saya lihat para prajurit cukup solit dan total dalam perannya, sehingga dapat terasa realitanya, karena seluruh prajurit serius menjalaninya,” ujarnya, Rabu (13/3/2019).

Khairul menambahkan, dalam kegiatan simulasi ini juga dibantu oleh beberapa jajaran instansi terkait, serta bantuan dari jajaran Brimob Polda Kaltim.

“Untuk penanganan teror, kita dibantu dari kepolisian,” pungkasnya” (ad/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *