Membangun Kemitraan Untuk Mencapai SDG’s

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,– Kota Balikpapan menjadi kota pertama di tahun 2019 ini sebagai tempat digelarnya
seminar Nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Seminar diadadakah oleh PTTEP Indonesia, anak usaha PT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP)  Thailand bersama Universitas Trisakti, Program Pascasarjana MM-Sustainability.


“Seminar luar biasa ini mendapat perhatian dari kita semua, SDG’s penting untuk menjadi sasaran pembangunan kita. Pemerintah telah bekerja keras untuk memastikan pembangunan agar terus berkelanjutan dan memiliki multiplier effect. Tidak mungkin pembangunan bisa terealisasi tanpa dukungan segala pihak, seluruh stakeholders harus bekerja sama untuk membangun iklim positif,” ujar Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi ketika memberikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan ini, Rabu (13/3/2019).

Acara kali ini juga dihadiri Walikota Balikpapan Rizal Effendi yang sekaligus sebagai Panel Speaker dengan membagikan ilmu dan pengalamannya terkait Green Energy dan Pembangunan Berkelanjutan kepada peserta di sesi pertama. Seminar ini kembali menyatukan akademisi, LSM dan sektor publik dan swasta untuk bersama-sama menciptakan kolaborasi dan front persatuan untuk mencapai SDGs di Indonesia.
Tokoh-tokoh terkemuka dari berbagai sektor yang antara lain hadir mengisi acara adalah: Dr. Surya Darma – Ketua METI (Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia), Saur Pasaoran T., S.Pi, MEMD – Kabid Ekonomi Bappeda Prov. Kaltim, Nining Sutiningsih – Kepala Bappeda Kota Balikpapan, Afiat Djajanegara – General Affairs Manager PTTEP, Herdiansah – Direktur Utama Dompet Dhuafa Social Enterprise, Jalal – Co-Founder CSRI Indonesia, Agus Bei dari Mangrove Center Graha Indah, Maria R. Nindita Radyati, PhD – Pendiri Program S2 MM-CSR Universitas Trisakti.
Seminar sebagai lanjutan dari serangkaian seminar di tahun 2018 yang sebelumnya diadakan di lima kota yaitu: Jakarta, Makassar, Palembang, Medan dan Surabaya.
Hal ini sesuai seruan Kementerian PPN/Bappenas yang mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama merealisasikan pelaksanaan agenda Sustainable Development Goals, terutama poin SDGs No. 17 yaitu, “Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDGs,”

Jumpa pers dilakukan oleh PTTEP.

PTTEP dan Universitas Trisakti, MM-Sustainability, menyelenggarakan rangkaian acara seminar untuk membina relasi antar pemangku kepentingan, termasuk pemerintahan, sektor swasta, LSM dan individu di lima kota. Menjalin kemitraan ini perlu dibina agar para pemangku kepentingan dapat bersama-sama membantu Indonesia mencapai pembangunan yang berkelanjutan.
Selain seminar, juga diadakan lokakarya pada hari ini (14/3/2019) dan besok (15/3/2019) yang bertujuan untuk melatih LSM lokal tentang bagaimana cara terlibat secara profesional dan efektif dalam bermitra dengan sektor swasta dan pemerintah. Lokakarya ini akan dipimpin oleh instruktur dari Universitas Trisakti MM-Sustainablity.
General Affairs Manager PTTEP Indonesia, Afiat Djajanegara mengatakan, berdasarkan antusiasme yang dari peserta seminar dan lokarya di lima kota di seluruh Indonesia, diputuskan untuk melanjutkan acara ini di empat kota lainnya di tahun 2019.

“Mengingat pentingnya menjaga kemitraan yang berkelanjutan, kami akan mengajak pemangku kepentingan dari berbagai sektor untuk terus bekerjasama membantu Pemerintah Indonesia untuk mencapai SDGs.”
Dr. Maria Nindita Radyati menambahkan, inisiatif untuk mengajak masyarakat mendalami ilmu keberlanjutan sangatlah penting. Dia berharap dapat merangkul lebih banyak pemangku kepentingan sehingga terciptanya kemitraan yang berkelanjutan di acara tahun ini.

“Dengan inisatif ini kami bersama-sama dapat menciptakan dampak positif untuk pembangunan yang berkelanjutan,” katanya.(fe/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *