Paser - March 15, 2019

Polres Paser Persiapkan Sispamkota Jelang Pemilu

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Kepolisian Resort Paser Kalimantan Timur pada Jumat (15/3), menggelar rapat bersama stakeholder terkait guna persiapan Sistem Pengamanan Kota Jelang Pemilu. Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra. 

“Rapat ini untuk persiapan sispamkota menghadapi pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April nanti,” kata Kapolres Roy Satya.

Sispamkota merupakan bentuk kesiapsiagaan Polri, mengantisipasi segala bentuk kemungkinan adanya ancaman yang mengganggu selama penyelenggaraan pemilu.

Dalam sispamkota ini Polres Paser melibatkan TNI, Satpol PP, dan Dishub.

“Kita akan gelar simulasi untuk melatih kemampuan dan keterampilan personel Polres paser dalam menangani masa pengunjuk rasa maupun gangguan kamtibmas khususnya saat pengamanan Pemilu serentak,” terang Roy Satya.

Roy mengatakan, Sispamkota merupakan bentuk Polres upaya Polri memberikan perlindungan pengayoman dan melayani terhadap masyarakat.

“Simulasi Sispam Kota ini bertujuan agar personel yang terlibat dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta peran masing-masing satuan, baik di tingkat pengamanan TPS, Polsek, maupun Polres,” ujarnya.

Dalam pelaksanaanya seluruh jajaran bertindak sesuai tugas dan fungsinya baik dari jajaran Babinkantibmas, Intel, Sabara dan Reskrim. Peralatan taktis di jajaran Polres paser pun juga dipergunakan dalam latihan Sispam Kota nanti.

Sementara itu, dalam simulasi Sispamkota ini digambarkan adanya ancaman dan gangguan Kamtibmas saat pelaksanaan rangkaian Pemilu 2019. “Dimana, Polisi mulai mengambil langkah-langkah dari tindakan prefentif yang sampai akhirnya harus dilakukan tindakan tegas,” kata Roy.

Selain dari unsur TNI, Satpol PP dan Dishub, turut hadir perwakilan KPU dan Bawaslu setempat. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ratusan KK Terdampak Banjir di Muara Komam

PASER, Gerbangkaltim.com – Ratusan Kepala keluarga (kk) terdampak banjir di Kecamata…