Tingkatkan Partisipasi Milenial, KPU Balikpapan Gelar Kreasi Mural

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menggelar Lomba Kreasi Mural Pemilu Fest 2019. Mural sendiri adalah melukis di tembok.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha mengatakan, lomba ini digelar untuk meningkatkan tingkat partisipasi pemilih dari kalangan milenial yang pada umumnya baru pertama kali mengikuti pemilu dan Pilpres.

“KPU Balikpapan ditargetkan untuk tingkat partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen, khusus kalangan milenial potensi tingkat partisipasinya 15 persen, dan angka ini jika dimaksimalkan akan cukup membantu untuk memenuhi target tingkat partisipasi,” ujar Thoha.

Lomba melukis mural diikuti sebanyak 21 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Dalam satu tim ada 3-5 orang. Lukisan mural ini bisa digabungkan dengan seni grafiti.

Satu tim sedang serius melukis di tembok.

Sedangkan tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah Demokrasi Untuk Negeri dengan sub tema ajakan mencoblos ke TPS, anti hoax dan ajakan pemilu. KPU Balikpapan menyediakan hadiah total 10 juta rupiah.

“Berbagai upaya dilakukan KPU untuk meningkatkan partisipasi. Bukan hanya kalangan pelajar dan mahasiswa saja, tapi juga kalangan ibu-ibu, bapak, komunitas, LSM, kelompok masyarakat, termasuk adanya relawan KPU untuk terus mengajak warga bisa turut serta dalam pesta demokrasi ini,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini KPU juga menggelar konser musik dengan menghadirkan tiga Group band lokal masing-masing la Brank, Biru Tamela dan mfact dalam konser bertajuk Pemilih Berdaulat Negara Kuat.(mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *