WOW!!! TNI AL Siap Amankan Pemilu

Lanal Sangatta, Lakukan Uji Trampil Glagaspur

PANGKALAN TNI AL (Lanal) Sangatta menggelar uji trampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) pangkalan satu (P-1) dan pangkalan dua (P-2), yang dilaksanakan di Mako Lanal Sangatta, Jalan Teritorial, Sangatta Utara, Jumat (15/3).

Dalam uji trampil tersebut, dihadiri tim penguji dari Kolat Koarmada II Surabaya, yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) D A Mansyur. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai Kamis hingga Sabtu (14 – 16/3) dan diikuti oleh seluruh personel Lanal Sangatta.

Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Binsar Alfret S Sitorus, S.E. mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap setahun sekali. Berbagai uji trampil dilakukan, mulai dari komunikasi, kecakapan bahari, P5T, pelatihan persemayaman dan pemakaman jenazah.

Selanjutnya, dia menambahkan, ada uji menembak, bongkar pasang senjata, evakuasi medis darat/laut, formasi pasukan anti huru-hara (PHH) serta pengendalian massa (Dalmas), anti teror, pertahanan pangkalan dan PEK. “Kami melakukan berbagai uji keahlian untuk mengembangkan potensi personel kami”. terangnya.

Dia mengungkapkan, menurut dari penilaian tim penguji, Lanal Sangatta siap melakukan tugasnya. Khususnya diwaktu dekat ini yaitu mengawal jalannya pemilihan umum (Pemilu) Presiden serta wakil presiden dan pemilihan legislatif (Pileg).

“Tadi dari ketua tim penguji mengatakan dibandingkan Lanal daerah lain, kami dinyatakan telah siap secara teori maupun praktik dilapangan. Dengan semboyan yang ada yaitu Si Vis Pacem Para Bellum dengan arti, jika ingin damai, maka bersiaplah untuk berperang,” bebernya.

Sementara itu, Katim Letkol Laut (P) D A Mansyur mengaku bangga melihat semangat yang diberikan oleh para personel Lanal Sangatta. Sebab, salah satu kunci kesuksesan ialah semangat. “Kalau sudah semangat, segala prosedur untuk menjalankan tugas yang diberikan pimpinan pasti benar,” tegasnya. (gps)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *