PLN Grogot Pastikan Pasokan Listrik Selama Pemilu dan UNBK

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Tanah Grogot akan memastikan pasokan listrik aman selama penyelenggaraan Pemilu dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di daerah itu yang akan digelar pada Juli 2019.

Kepala ULP PLN Tanah Grogot Tri Hadi Lukito memastikan listrik dapat menyala selama UNBK dan Pemilu, dengan memaksimalkan koordinasi dengan instansi terkait.

“Dua Agenda penting itu adalah pelaksanaan UNBK dan pelaksanaan Pemilu 2019, Kami (PLN) sudah menjalin koordinasi dengan pihak terkait untuk menyukseskan dua agenda tersebut,” kata Lukito di Tanah Grogot, Senin (18/3).

Untuk memastikan tidak ada gangguan terhadap jaringan PLN kata Lukito, pihaknya telah mengerahkan petugas untuk melakukan pemangkasan pohon-pohn yang berada di dekat jaringan listrik.

“Untuk mengantisipasi gangguan distribusi listrik pada jaringan. Pemangkasan juga untuk menjaga keandalan jaringan,” katanya.

Sepanjang Januari hingga Maret 2019, kata Lukito, PLN telah memangkas 2 ribu lebih dahan pohon sawit yang bisa mengganggu jaringan listrik di sejumlah tempat.

“Seperti di Damit, Bekoso, Kerang, Jone dan Tanah Grogot sendiri. Selain dahan atau ranting pohon, penyebab gangguan berbagai macam, seperti hewan liar, pohon, maupun material PLN sendiri. Khusus kabel 20 kV sangat sensitif oleh ranting pohon, sehingga mesti dipantau,” terangnya.

Dalam kegiatannya, PLN tetap mengedapankan etika yang berlaku di masyarakat. PLN selalu meminta izin kepada pemilik pohon agar dahan pohonnya berkenan untuk dipangkas.

“Kami tetap izin dulu kepada pemilik pohon, karena kami jelaskan jika tidak dipangkas bisa mengganggu distribusi listrik ke rumah pelanggan. Untuk itu harus dilakukan pemangkasan, sebelum terjadi gangguan pelayanan. Selain bisa mengganggu kondisi kelistrikan, pohon yang sudah terlalu tinggi juga sangat rawan tumbang. Apalagi pada musim hujan,” pungkasnya. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *