Polres Paser Antisipasi Peredaran Uang Palsu Jelang Pemilu Serentak

Tana Paser, Gerbangkaltim.com– Kepolisian Resort Paser Kalimantan Timur, mengantisipasi peredaran uang palsu jelang Pemilu dengan memperketat pengawasan dan berkoordinasi dengan pihak perbankan setempat.

“Kita perketat pengawasan dan koordinasi ke pihak perbankan di sini untuk mencegah peredaran uang palsu jelang pemilu,” kata Kapolres Paser AKBP Roy Satya di Tanah Grogot, Senin (18/3).

Polres Paser kata Roy telah menginstruksikan para babhinkamtibmas di setiap wilayah untuk menyosialisasikan kepada masyarakat. “Babhinkamtibmas terus sosialisasi, mengimbau kepada masyarakat untuk waspada,” katanya.

Peningkatan pengamanan dilakukan Polres Paser di antaranya dengan memperketat pintu masuk perbatasan wilayah, yang memungkinkan beredarnya uang palsu dari luar daerah.

“Kami memperketat pintu masuk perbatasan antarawilayah yang memungkinkan sindikat pengedar dan pembuat uang palsu bisa saja masuk ke wilayah hukum Polres Paser, tetapi hingga saat ini belum menemukan adanya indikasi peredaran uang palsu,” terangnya.

Sementara dihubungi terpisah, Kasat Reskrim Polres Paser AKP Rido menerangkan cara mengetahui keaslian uang dengan cara yang paling mudah yaitu menerapkan trik 3D. “Yaitu dilihat, diraba dan diterawang serta dengan mengenali unsur pengaman meliputi tanda air, benang pengaman, tulisan mikro, gambar tersembunyi dan gambar saling mengisi,” katanya. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *