BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,– Presiden Joko Widodo yang sedianya menyapa masyarakat di lima kota termasuk Balikpapan melalui teleconference memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019 pada Rabu (20/3/2019) batal dilakukan, dan digantikan oleh Menteri Perindustrian Enggartiasno Lukito dari kota Bandung.

“Awalnya teleconference bersama bapak Presiden, tapi ada kegiatan di Natuna jadi diwakilkan pak Menteri Perindustrian pak Enggar, ” kata Plt Dinas Perdagangan Balikpapan Arzaedi Rachman, kepada Gerbangkaltim.com.

Teleconference terkait Harkonas di Balikpapan digelar di kantor UPT Kemetrologian Balikpapan Jalan Sutoyo Gunung Malang,  Rabu pagi (20/3). Lima daerah yang melakukan teleconference selain Balikpapan, adalah  Pare-Pare,  Sidoarjo,  Padang dan Serdang Begadai. Dalam teleconference ini dilakukan peresmian prasasti UPT kemetrologian unit di seluruh Indonesia sebanyak 251 kantor.

Suasana saat menanti teleconference. (foto:ad/gk)

Walikota Balikpapan Rizal Effendi yang hadir bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, perwakilan perusahaan dan OPD terkait, mengajak seluruh pedagang  untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen melalui tera timbangan.

“Pedagang kan masih banyak yang tidak menggunakan timbangan, pada momen Harkonas ini saya ajak para pedagang menggunakan timbangan,” katanya.

Menurut Walikota, tidak hanya pedagang yang diminta meningkatkan pelayanan, Pemerintah juga diminta berbenah. Pasalnya untuk konsumen listrik dan air sejauh ini juga belum dapat dilakukan tera penggunaannya.

“Konsumen air dan listrik kan sekarang ini juga belum bisa ditera. Makanya saya minta Dinas terkait untuk membuat tera agar konsumen tidak dirugikan,” kata Rizal Effendi. (ad/gk)