Paser Bangun Dua Pasar Desa Melalui DAK

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Kabupaten Paser pada 2019 akan membangun dua pasar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat guna meningkatkan kualitas pasar di dua desa tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser Chandra Irwanadi mengatakan, dua pasar itu akan dibangun di Keluarahan Long Kali dan Suliliran.

“Infonya tahun ini kita dapat DAK untuk dua pasar yaitu di Long Kali dan Suliliran,” kata Chandra di Tanah Grogot, Rabu (20/3).

Chandra mengatakan, pasar yang dibangun bukanlah pasar baru. Sebelumnya di tempat itu sudah terdapat aktivitas jual beli. Direncanakan alokasi dana untuk setiap pasar menelan biaya Rp1,5 miliar.

Agar dapat dibangun pasar yang lebih representatif, pihak desa atau kelurahan harus melengkapi persyaratan yang diminta. “Tanahnya harus jelas, aman, surat-suratnya, dan pedagangnya memang sudah lama jualan di situ. Makanya dibangun untuk ditingkatkan rehabnya,” terang Chandra.

Pembangunan pasar desa menurut Chandra merupakan usulan pihak pemerintah desa, melalui kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan. “Karena usulan itu, maka kami rencanakan dan usulkan dalam kegiatan. Makanya usulannya tidak bisa di tengah tahun berjalan,” katanya.

Chandra mengakui, dari 139 desa di daerah itu, belum semuanya memilik pasar desa. Meski demikian, sebagian desa sudah memiliki tempat yang dijadikan sebagai pasar desa.

“Saya kira mereka kan sudah bangun pasar. Ya memang belum semua 139 desa punya pasar. Tapi aktivitas pedagang sudah ada,” kata Chandra. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *