Tiga Puskesmas Paser Akan Jadi BLUD

Tana Paser, Gerbangkaltim.com– Tiga Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Paser Kalimantan Timur, dipersiapkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser I Dewa Made Sudharsana dihubungi di Tanah Grogot, Rabu (20/3) mengatakan, saat ini Pemkab Paser tengah mempercepat proses perubahan status Puskesmas dan RSUD menjadi BLUD.

“Ini kami dalam rangka percepatan Puskesmas dan rumah sakit menjadi BLUD, sesuai amanat Undang-Undang, diharapkan dengan BLUD pelayanan lebih baik,” kata Dewa yang sedang berada di Bali mengikuti kegiatan Semiloka Nasional.

Dengan status BLUD, Puskesmas dan RSUD dapat mengelola sendiri kebutuhannya yang bersifat penting dan mendadak. Direncanakan ketiga puskesmas yang akan menjadi ‘field project’ itu adalah Puskesmas Tanah Grogot, Puskesmas Kuaro dan Puskesmas SP 1.

Saat ini kata Dewa, Pemkab Paser sedang menunggu SDM yang akan bertugas di puskesmas tersebut. Mereka adalah PNS, yang lulus pada saat seleksi penerimaan CPNS beberapa waktu lalu.

“Kami menunggu PNS akuntansi yang kemarin CPNS, nanti kami latih, bekerja sama dengan Bappeda untuk meningkatkan SDM mereka,” kata Dewa.

Menurut Dewa, tidak ada perbedaan yang begitu mendasar terkait perubahan status menjadi BLUD itu. Perbedaan terletak hanya pada administrasi dan pengelolaan keuangannya saja.

“Perbedaannya pada pengelolaan dan administrasi keuangannya saja. Saat ini kami konsentrasi standar Lembaga. Dari segi fasilitas kesehatan memang  belum sempurna tapi pelan-pelan kami penuhi,” pungkas Dewa. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *