Lima Pesawat Tempur Super Tucano dari Malang Tiba di Balikpapan, Warga Bebas Mendekat

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,–Sebanyak 5 pesawat tempurSuper Tucano, TNI AU mendarat di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pesawat milik TNI AU yang dbentuk seperti ikan hiu ini bakal melaksanakan statik dan dinamic show dalam Aero Festival sebagai salah satu misinya dalam melakukan latihan operasi pertahanan udara di wilayah Kalimantan.

Danlanud Kota Balikpapan, Kolonel Pnb Irwan Pramudia mengataka, Super Tucano berasal dari Skadron Udara 21 Pangkalan TNI AU (Lanud) Abdurrahman Saleh Malang, Jawa Timur.

“Masyarakat Kota Balikpapan bisa melihat dari dekat static dan dinamic show pesawat tempur kebanggan TNI AU dari dekat, Minggu (24/3/2019), gratis tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Rencananya, lanjut Irwan, open base akan dilakukan sejak pukul 07.00 wita, dan jika animo masyarakat sangat besar maka open base akan dilaksanakan hingga sore hari.

“Pesawat ini akan terbang di wilayah alur laut kepulauan Indonesia dua atau wilayah selat makasar, hingga ke selatan,” terangnya.

Pesawat tempur Super Tucano ini nantinya akan menggantikan tiga pesawat Sukhoi dari Lanud Hasanuddin Makassar tuntas beroperasi, di Lanud Tarakan untuk menjada wilayah perbatasan. Dalam operasi Garda Wibawa ini, Super Tucano dipesenjatai armament atau persenjataan lengkap.

Super Tucano merupakan sebuah pesawat latih bermesin turboprop sayap rendah (low wing). Sejak diperkenalkan dan dipakai AU Brasil pada tahun 2004, EMB-314 terbukti berhasil melakukan misi penjagaan perbatasan di kawasan Amazon yang terkenal sangat rawan dengan aktivitas penyelundupan dan perdagangan narkotika.

Super Tucano bermesin tunggal turboprop, memiliki kemampuan mengenai target secara sempurna. Dua senapan mesin dipasangkan pabrikan Embraer Brasil, pada sayap serta 5 hardpoint di sayap dan fuselage untuk mengangkut rudal, roket atau bom seberat 1,5 ton. Pesawat ini pun didesain untuk melakukan serangan antigerilya, pengintaian, dan patroli. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *