Tes Urine Dadakan di Rutan Klas II B Balikpapan, 74 Petugas Negatif Narkoba

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,–Badan Narkotika Kota (BNNK) Balikpapan, Sabtu (23/3) pagi mendadak melakukan pemeriksaan urine kepada seluruh petugas Rutan Klas II B Balikpapan yang berjumlah 74 orang.

Pemeriksaan urine ini dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Klas II B Balikpapan, Febie Dwi Hartanto dan didampingi oleh Kepala BNNK Balikpapan Kompol M Daud.

“Ini kegiatan yang insidentil, jadi yang tidak ikut tes urin juga akan kami panggil,” kata Febie.

Sementara itu dari hasil pemeriksaan sebanyak 74 petugas Rutan Klas II B Balikpapan yakni negatif, alias tidak menggunakan narkoba.

Febie mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan urine para petugas setiap tahunnya. Hal ini untuk mencegah penyalahgunaan narkotika di lingkungan Rutan khususnya di lingkungan para petugas.

“Ini adalah bagian dari kolaborasi kami antara Rutan dan BNNK. Ini juga pencegahan peredaran narkoba baik dari dalam Rutan maupun di kota Balikpapan. Kami lakukan tes urine kepada petugas karena kalau petugasnya bersih, kami bisa melakukan pencegahan dengan lebih baik,” jelasnya.

Deretan urine yang siap diperiksa.

Sementara Kepala BNNK Balikpapan, Kompol M Daud menjelaskan kegiatan ini sesuai Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2018 tentang rencana Nasional Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Pada triwulan pertama ini kami yang memelopori hal ini. Kemarin kami juga melakukannya di Rudenim, Bapas dan di sini,” ujarnya.

Kegiatan ini memang dilakukan secara mendadak agar tepat sasaran. Menurut Daud pemeriksaan ini tidak dilakukan di Rutan saja. Sebelumnya pihaknya juga melakukan hal yang sama di Rudenim dan Lapas. Selanjutnya kegiatan ini direncanakan menyasar instansi pemerintahan lainnya.

“Kami akan sasar instansi lainnya. Banyak instansi lainnya yang sudah kirim surat. Nah sudah dua minggu terakhir ini kami gencar melakukan pemeriksaan urin, apalagi ini sudah mau habis triwulan pertama makanya ramai. Sampai satu minggu kedepan pun akan terus kami lakukan dan itu sudah terjadwalkan,” pungkasnya. (ad/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *