Camat Long Ikis Gelar Rakor Samakan Persepsi Jelang Pemilu

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Guna menyamakan persepsi di semua stakeholder dan masyarakat, Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), dengan mengundang 25 Kepala Desa, dalam kegiatan rapat koordinasi menyambut Pemilu yang akan digelar beberapa minggu lagi. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Kecamatan Long Ikis, Selasa (26/3).

Camat Long Ikis Lukman Dharma mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui dengan jelas, tahapa pemilu, dan tata cara pemilihan pada hari pencoblosan.

“Untuk menyamaan persepsi, dan memberikan pengetahuan kepada para Kepala Desa. Harapannya nanti bisa disampaikan kepada masyarakat di wilayah masing-masing,” kata Lukman.

Lukman mengatakan letak geografis yang cukup luas, dan jumlah desa yang cukup banyak yakni 25 desa dan 1 Keluarahan, membuat Kecamatan Long Ikis memiliki tantangan yang tidak mudah untuk mensukseskan pemilu.

“Oleh karena itu kami harus bersinergi dan bekerja sama, agar Pemilu nanti berjalan lancar,” kata Lukman.

Terdapat tiga desa yang mengalami keterbatasan fasilitas jalan, apabila hujan turun. Di Desa Tiwei, Long Gelang, dan Desa Belimbing kerap akses jalan menjadi sulit dilalui karena berlumpur saat hujan turun. “Mudahan tidak hujan, sehingga mobilitas logistik nanti tidak ada kenadala,” kata Lukman.

Selain memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat dan Kepala Desa, kegiatan itu juga untuk mengingatkan kepada aparatur desa agar tetap menjunjung tinggi netralitas selama tahun politik ini. Beberapa kasus aparatur desa yang telah ditegur oleh Bawaslu karena tidak netral, diharap dapat menjadi pelajaran semua pihak.

“Di tempat kami kan ada beberapa kepala desa yang ditegur karena berpihak ke salah satu partai politik. Kegiatan ini juga untuk mengingatkan netralitas aparatur desa,” ujar Lukman.

Diharapkan dengan pertemuan ini kata Lukman, masyarakta memiliki pengetahuan dan wawasan tentang pemilu. Baik itu tahapannya, tata cara pemilihan, hingga calon-calon peserta pemilu, sehingga pemilu nanti dapat menghasilkan calon pemimpin yang berkualitas.

“Harapannya kades, masyarakat lebih terang benderang, mengetahui tahapan pemilu dan bagaimana nanti di pencoblosan. Siapa calon yang kita pilih, agar nanti hasilnya pemimpin yang terpilih pemimpin yang berkualitas,” pungas Lukman. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *