BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,–Pasca musibah kebakaran di Gang Buntu, RT 51 dan 52, Kelurahan Karang Rejo, Balikpapan Tengah, bantuan dan logistik untuk korban kebakaran mulai disalurkan. Ini terlihat saat adanya tenda-tenda pengungsian yang dibangun dan masuknya logistik, Rabu (27/3/2019) siang.

Saat ini para korban juga sudah terlihat menempati tenda dan posko yang telah disediakan oleh Pemkot Balikpapan. “Yang dibutuhkan saat ini pakaian layak, seragam sekolah dan perlengkapan sekolah serta alas tidur. Karena sebagain kita tidak sempat menyelamatakan barang-barang berharga,” ujar Jumahira RT 51.

Senada dengan Jumahira, korban kebakaran lainya Sauci menjelaskan, saat ini ketersediaan makan, minum atau air bersih sudah sangat tercukupi. Yang dibutuhkan adalah pembalut wanita dan popok bayi.

“Kalau makan-minum sama mandi sudah cukup mas, malah lebih. Alhamdulillah kita ini. Yang saya butuhkan sekarang ini pembalut sama popok bayi,” ujarnya.

Sementara di lokasi kebakaran telah Nampak bantuan dari berbagai instansi seperti Rumah Zakat, PKPU, Tagana, Satu Pena, Dankar juga menurunkan relawan-relawan yang siap membantu para korban.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD, Usman Ali menjelaskan ada 4 tenda yang akan didirikan untuk menampung para korban ini. “Ada 4 tenda untuk sementara dari Dinas Sosial. Yang terpasang 3 dulu karena melihat lokasi,” ungkapnya.

Usman juga berharap dengan pemasangan tenda ini, korban bisa menjalankan aktivitasnya kembali sambil menunggu bantuan lainnya dari pemerintah kota.

“Sedang pendataan, akan dicek mana yang termasuk rusak ringan, rusak berat. Jadi bantuan yang diberikan akan merata,” jelasnya.(ad/gk)