BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Komisi I DPRD Kota Balikpapan melakukan inspeksi mendadak ke kawasan Jalan Joko Tole 2 RT 42 Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah.

Sidak dipimpin langsung Ketua Komisi I DPRD Faisal Tola, untuk melihat langsung kondisi lahan yang akan dibebaskan Pemkot Balikpapan namun masih bersengketa antara Cahyo, Bahtiar dan Jamaludin,. Masing-masing mengklaim lahan yang akan diganti rugi.

Dalam pertemuan ini antara Bahtiar yang memiliki 12 hektar lahan dan Jamaludin yang memiliki 34 hektar lahan bersepakat bahwa Cahyo tidak memiliki lahan di lokasi tersebut.

“Saya memiliki lahan 12 ha yang akan dibebaskan, dan lahan ini bukan bagian dari yang 34 ha dan sudah dimenangkan di PN,” ujar Bahtiar.

Sementara itu, Jamal mengatakan, lahan 12 ha sudah masuk 34 ha, dan ada segelnya. “Saya juga punya hak atas tanah yang akan dibebaskan ini,” jelasnya.

Ketua Komisi, Faisal Tola mengatakan, Komisi I sudah tiga kali melakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama pemilik lahan BPN, DPU, Camat, Lurah dan RT untuk membahas masalah pembebasan lahan ini.

“Kamis sudah tiga tahun menganggarkan pembebasan lahan ini yang merupakan bagian dari penanggulangan banjir di kawasan banjir. Jangan sampai silpa lagi tahun ini,” ujarnya.

Faisal berharap setelah peninjauan lahan akan ada kesepakatan antara pemilik lahan dengan Pemkot. “Sidak ini yang terakhir bagi DPRD Kota Balikpapan melalui Komisi I untuk memfasilitasi antara pemkot dan warga, dan kami rasa sudah cukup, setelah ini tidak ada sidak dan RDP,” tegasnya. (mh/gk)