BALIKPAPAN, Gerbangkaltim — Seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) di Balikpapan baik negeri ataupun swasta, Senin (1/4) melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kendati relaif lancar, sekolah tetap mengantisipasi apabila sewaktu-waktu lampu PLN padam.

Pelaksanaan UNBK di Kota Balikpapan ini akan berlangsung selama empat hari, yakni hingga hari Kamis (4/1), dan di hari pertama ini mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

UNBK di SMA Negeri 1 Balikpapan misalnya, sejak Minggu (31/3) malam sudah menyiapkan segalanya. Mulai dari genset hingga bekap jaringan dan server.

Kepala SMA N 1 Balikpapan Imam Sujai menjelaskan, pelaksanaan UNBK sesi pertama hari ini cukup bagus, berjalan dengan lancar. Persiapan sekolah cukup maksimal, untuk pelajaran hari ini dan semua alat sudah siap.

“Insyaallah pagi sampai hari saat ini berjalan dengan baik. Hari ini mata pelajaran Bahasa Indonesia. Total SMA Negeri 1 Balikpapan yang mengikuti UNBK ada 475 siswa, dibagi tiga sesi. Sesi pertama sebanyak 178 anak,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, pihak sekokah juga telah mempersiapkannya. Jaringan listrik juga telah berkordinasi dengan PLN dan Pemerintah Kota.

“Pak Walikota menegaskan selama ujian berlangsung PLN siap mensupport, mudah-mudahan tidak ada kendala. Jaringan alhamdulillah tidak ada masalah. Tahun lalu sempat tertunda pelaksanaan ujian, alhamdulillah tahun ini tidak ada masalah,” ujar Imam.

Suasana pelaksanaan saat UNBK di SMA Negri 1 Balikpapan berlangsung sepi dan tenang, beberapa peraturan peringatan dilarang ribut saat ada ujian pun terlihat di beberapa sudut sekolah.(ad/gk)