Kemenag Paser Tingkatkan Kualitas Guru Melalui PPPKB

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Paser Kalimantan Timur Mohlis berharap adanya peningkatan dan pengembangan kemampuan dari para pendidik di daerah itu, guna meningkatkan kualitas pendidikan madrasah yang berada naungan Kantor Kementerian Agama. 

Peningkatan profesi guru telah dilakukan Kantor Kemenag Paser, diantaranya dengan kegiatan PPKB atau Program Pengembangan Keprofesiann Berkelanjutan yang telah dilakukan belum lama ini.

“Melalui PPKB, diharapkan skil ataupun kemampuan para guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam atau PAI di Paser dapat lebih meningkat dan lebih profesional khususnya dalam mutu pendidikan dan pelayanan,” kata Mohlis di Tanah Grogot, Selasa (2/4).Setiap tahun Kemenag Paser lanjut Mohlis melaksanakan PPKB kepada para guru di lingkup Kementerian Agama. Yang terakhir dilakukan yaitu pada awal Maret 2019, yang diikuti oleh 34 tenaga pendidik yang terdiri dari 30 guru dan 4 pengawas.

“Jadi dari tahun ke tahun guru itu harus mengupdate skil atau kemampuannya, menambah pengetahuannya maka program PPKB ini merupakan salah satu jawaban pemerintah terhadap peningkatan mutu pelayanan di bidang pendidikan,” kata Mohlis.

Mohlis menerangkan, PPKB merupakan program penting bagi guru, sebagai proses peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Program tersebut merupakan komitmen pemerintah untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang berkualitas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dikatakannya juga, terdapat tiga manfaat dari PPKB yakni untuk meningkatkan kompetensi guru sehingga mampu melaksanakan tugas utamanya secara efektif, pemetaan kompetensi guru di setiap sekolah, serta sebagai jaminan kepada masyarakat bahwa anak didik diberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas serta pengalaman belajar yang efektif.

“Karena dalam program itu kami mengundang instruktur pusat untuk menyampaikan materi personal branding guru agama, dan beberapa narasumber untuk konsep Umum Program PKB dan Konsep dan Simulasi Evaluasi Diri guru,” kata Mohlis. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *