Tana Paser, Gerbangkaltim.com- Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Paser Kalimantan Timur, meminta kepada unsur Pemerintah Desa agar secara aktif menyampaikan tahapan pemilu kepada masyarakatnya mengingat saat ini sudah mendekati hari pencoblosan.

Kasi Politik Dalam Negeri Kesbangpol Paser Hartono mengatakan, pentingnya peran kepala desa, perangkat desa dan BPD dalam penyelenggaraan pemilu yang akan dilaksanakan 17 April mendatang.

“Peran kepala desa, BPD dan perangkat desa sangat penting untuk menyukseskan Pemilu.  Selain sosialisasi ini tugas KPU, Pemerintah Daerah, unsur Pemerintah Desa juga punya peran,” kata Hartono saat dihubungi di Tanah Grogot, Rabu (3/4/2019).

Menurut Hartono masyarakat desa perlu mendapat pengetahuan yang lengkap terkait tahapan pemilu serentak. Apalagi pada Pemilu kali ini masyarakat harus mencoblos lima surat suara berbeda secara bersamaan.

“Sosialisasi perlu dilakukan agar masyarakat tidak bingung mencoblos lima surat suara yang seperti apa bentuknya. Oleh karena itu sosialisasi tidak cukup hanya sampai tingkat kecamatan,” kata Hartono.

Dengan sosialisasi yang dilakukan secara menyeluruh hingga di tingkat desa, diharapkan partisipasi pemilih pada Pemilu ini meningkat dibanding Pemilu maupun Pilkada sebelumnya.

“Bahkan kami harap ketua RT juga aktif sosialisasi kepada warganya bahwa tanggal 17 April kita mencoblos dan apa saja yang di obligasi,” ucap Hartono.

Sementara Kesbangpol Paser, menjelang Pemilu yang tersisa beberapa minggu lagi, juga turut serta sosialisasi kepada para camat dan unsur pimpinan kecamatan.

“Kesbangpol juga sosialisasi di Kecamatan. Agar Camat juga aktif menyampaikan kepada para Kades dan mengingatkan masyarakat untuk tidak golput saat pencoblosan nanti,” pungkas Hartono. (MC Kabupaten Paser)