Polres Paser Komitmen Berantas Peredaran Hoaks

Tana Paser, Gerbangkaltim.com– Kepolisian Resort Paser Kalimantan Timur, berkomitmen untuk memberantas peredaran hoax atau kabar bohong, dengan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang ada di daerah itu. Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra menilai peran humas polri dan jurnalis sangat penting untuk menangkal hoax dan peredaran informasi yang tidak benar, yang bisa menyesatkan masyarakat.

“Kita semua tahu, pemberitaan sekarang menjadi konsumsi masyarakat untuk mengetahui informasi terkini dan apa yang menjadi trending topik. Maka itu peran humas polri dan wartawan sangat penting untuk menangkal berita hoax,” kata Roy di Tanah Grogot, Selasa (2/4/2019).

Polres Paser sebelumnya, telah bekerja sama dengan para wartawan baik itu untuk pemberitaan kegiatan polri maupun pengelolaan informasi yang beredar di daerah itu.

Roy berharap anggota humas bisa mengelola informasi dan mengkounter opini dari berita negatif menjadi positif. Menurutnya, Humas Polri harus terus mendorong dan membangun kepercayaan masyarakat serta opini publik guna mewujudkan Citra positif yang sesuai visi Polri melalui kemitraan dengan media seluruh komponen.

“Mari kita galang kawan-kawan kita di media online, media sosial, media cetak. Jalin tali silaturahmi agar mampu mengangkat kegiatan ataupun prestasi polri di wilayah masing-masing,” katanya.

Roy juga mengajak seluruh personel agar terus tetap menjaga keamanan wilayah menjelang pemilu khusus nya di media sosial. Ia meminta kepada annggotanya untuk terus menyosialisasikan akan bahaya hoaks yang beredar.

“Sosialisasikan kepada masyarakat agar tidak terbuai oleh berita hoaks yang beredar. Tingkatkan pendekatan Polri terhadap masyarakat agar kehadiran personel polri lebih di rasakan oleh warga guna menciptakan situasi wilayah yang aman, tertib dan Kondusif,” ujarnya.

Dihubungi terpsiah, Kasubag Humas Polres Paser Iptu Bambang mengatakan bahwa pihaknya telah meningkatkan kemampuan Personel Polres paser dalam Manajemen Media di era digital.

“Salah satunya saat ada Tim Supervisi Kehumasan Polda Kaltim beberapa waktu lalu. Saat itu Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Ade Yahya datang untuk melihat bagaimana kerja humas dan rekan media di sini,” urainya.

Kehadiran Tim supervisi Kehumasan Polda Kaltim Kabid Humas itu kata Bambang diharapkan bisa memberikan motivasi dan arahan kepada personel Polres Paser dalam kehumasan untuk mengangkat pemberitaan di Kabupaten Paser.

“Sesuai arahan pak Kapolri, bidang kehumasan ini adalah bidang yang sangat penting dalam Kepolisian. Peran kehumasan sangat penting, karena dasarnya peran humas adalah menyosialisasikan peran positif dan prestasi kepada publik agar terbangun kepercayaan dan reputasi Polri,”jelasnya. (MC Kabupaten Paser/Eyv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *