Sekda Paser Minta Kepala OPD Tunjuk Staf Sebagai Arsiparis

Tana Paser, Gerbangkaltim.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya meminta kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah itu, untuk menunjuk salah satu stafnya sebagai arsiparis yang bertugas mengelola kearsipan di setiap OPD-nya.

“Saya harap Kepala OPD segera menunjuk staf untuk menetapkan petugas arsiparis di masing masing SKPD yang nanti kami harapkan dapat mengelola kearsipan yang ada di OPD-nya,” kata Katsul Wijaya usai kegiatan penyuluhan kepada puluhan arsiparis di Pendopo Kabupaten, Selasa (2/4).

Dengan adanya arsiparis di setiap OPD kata Katsul, pengelolaan kearsipan di setiap instansi menjadi lebih baik. Ia juga berharap Dinas Kearsipan selaku motor dan Lembaga kearsipan daerah dapat lebih meningkatkan kualitas pembinaannya.

“Ke depannya bisa dilakukan perbaikan perbaikan pembenahan sehingga pengelolaan kearsipan baik itu di unit OPD maupun di dinas kearsipan sebagai Lembaga kearsipan daerah bisa lebih meningkat lagi,” kata Katsul.

Diketahui, Dinas Kearsipan dan Perpusatakaan Kabupaten Paser sebelumnya telah meraih predikat terbaik III tingkat Kaltim dalam pengelolaan kearsipan daerah. Katsul mengapresiasi prestasi itu dan berharap dapat menjadi motivasi OPD lain agar meningkatkan kualitas pengelolaan kearsipan di setiap instansinya.

“Untuk prestasi teman-teman di dinas kearsipan dan perpustakaan seperti tadi disampaikan dalam penyampaian laporan hasil penilaian daro provinsi kita masuk 3 besar terbaik dalam pengelolaan kearsipan di Provinsi Kalimantan timur, nah ini sebagai motivasi kita semua SKPD dan terkhusus kepada dinas kearsipan ini,” kata Katsul.Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Paser Herawati mengatakan, dengan penyuluhan arsiparis pihaknya berharap dapat melaksanakan proses kearsipan dengan kaidah dan aturan yang berlaku. “Kami sebagai pencipta arsip, pengolah arsip melakukan arsip sesuai dengan kaidah yang ditentukan tentunya diawali dari OPD, adanya kegiatan penyusutan mengurangi arsip yang kita ciptakan setiap hari, setiap jam pasti ada arsip yang tercipta di OPD kita lakukan penyusutan, pemilahan, dan ada penyerahan arsip ke Lembaga Kearsipan Daerah,” katanya.

Pada kegiatan penyuluhan dan sosialisasi kearsipan kali itu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser menghadirkan dua narasumber yakni Direktur Kearsipan Daerah I pada kantor Arsip Nasional Republi Indonesia (ANRI) Drs Hilman Rusmana, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim M. Aswin. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *