Musyawarah Antar Desa di Komam Sepakati Program Inovasi Desa

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Musyawarah yang diikuti 12 desa di Kecamatan Muara Komam pada Kamis (4/4), menyepakati kegiatan inovasi desa guna memanfaatkan dana desa untuk pembangunan dan kepentingan masyarakat di desanya masing-masing. Kegiatan yang dihadiri kepala dan perangkat desa ini membahas sejumlah inovasi yang dinilai berhasil dan diterapkan di daerah untuk dijadikan percontohan bagi desa-desa di Muara Komam.

“Tujuan pemerintah melaksanakan ini agar ada pertukaran pengetahuan tentang invoasi desa. Harapannya agar program inovasi desa dapat bersinergi dengan dana desa baik berupa pembangunan fisik, sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi desa,” kata Camat Muara Komam Abdul Rasyid.

Kegiatan inovasi desa di Kecamatan Muara Komam kata Rasyid juga akan bekerja sama dengan sejumlah kecamatan seperti Kecamatan Batu Sopang dan Muara Samu.

“Kita saling berbagi informasi tentang inovasi desa sehingga bisa diterapkan di desa masing-masing. Misalnya dengan Kecamatan Batu Sopang dan Muara Samu,” imbuh Rasyid.

Sejumlah inovasi desa yang sudah berhasil diterapkan, lanjut Rasyid, diharap dapat diadopsi dan diterapkan diharap dapat menyesuaikan karakteristik dan kebutuhan setiap desa.

“Program inovasi desa juga nanti akan dimasukan dalan APBDes. Kami harap pengisian kartu ide (kartu inovasi), bisa diterapkan dalam APBDes masing-masing. Intinya melalui program inovasi desa bagaimana dana desa bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Rasyid.

Ketua Panitia Inovasi Desa Kecamatan Muara Komam, M. Imam Badrul Amali mengatakan dalam kegiatan inovasi desa ini pihaknya menggandeng tenaga ahli desa tingkat Kabupaten.

“Diharap dengan pendampingan tenaga ahli desa, program inovasi desa yang menyangkut kepenting dasar seperti infrastruktur, Pendidikan dan kesehatan bisa diterapkan,” kata Imam.(MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *