Paser - April 5, 2019

Puting Beliung Hancurkan Sejumlah Rumah di Paser

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Angin puting beliung menghancurkan sedikitnya enam rumah di Desa Muara Adang Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser, Jumat (5/4) sore.

Camat Long Ikis Lukman Dharma mengatakan empat rumah rusak parah dan selebihnya rusak ringan akibat hempasan air laut yang tersedot angin. Kejadian sekitar pukul 15.45.

“Ada empat rumah rusak parah, dua rusak ringan tapi tidak ada korban. Kejadian sekitar pukul 15.45,” kata Camat Long Ikis Lukman dihubungi via telpon.

Sebelumnya melalui video yang sempat direkam warga dan beredar di media sosial, nampak awan gelap menyelimuti sebagian langit Muara Adang.

Di bawah awan gelap terlihat di kejauhan angin berputar dan menyedot air laut sembari berjalan mendekati pemukiman. Video terputus bersamaan terdengar suara histeris dari salah satu warga.

Desa Muara Adang memang merupakan salah satu desa pesisir yang berada di daerah Teluk. Selama ini menurut Lukman jarang terjadi angin puting di desa itu. “Kalau angin puting jarang terjadi. Kalau warga dengan air pasang sudah biasa. Ini angin puting,” kata Lukman.

Warga yang rumahnya rusak sementara ini menetap di rumah keluarganya. Informasi yang diterima Kepala Desa, kerusakan menimpa atap-atap rumah. “Ini masih didata. Mungkin lengkapnya bisa diketahui besok,”. Kata Lukman.

Saat ini kondisi kembali normal. Warga mulai memperbaiki kerusakan yang menimpah rumah mereka. “Kondisi warga saat ini aman, mulai perbaiki Rumah-rumah yang rusak,” kata Lukman.

Setelah kejadian itu, saat ini warga masih berjaga untuk mengantisipasi kemungkinan kejadian serupa. (Jya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Waspada, Pencuri Sepeda Motor di Paser Beraksi Saat Shubuh

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Warga Paser mesti waspada terhadap aksi pencurian. P…