Bawaslu Paser Patroli Awasi Praktek Money Politik

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Paser Kalimantan Timur pada Jumat (12/4), melaksanakan patroli ke sejumlah tempat, untuk mengawasi kemungkinan adanya praktek money politik daerah itu. 

Ketua Bawaslu Paser Aprianto Abdullah mengatakan patroli diawali dengan apel siaga yang diikuti jajaran Bawaslu Paser. “Pagi, hari ini kami apel siaga sebelum patroli ke sejumlah tempat. Patroli ini juga dilaksanakan Panitia Pengawas Pemilu di kecamatan,” kata Aprianto.

Patroli ini sebenarnya, berdasarkan edaran dari Bawaslu RI, dilaksanakan di daerah mulai 14 April. Namun Bawaslu Paser sudah melaksanakannya tanggal 12 April.

Sejumlah tempat yang didatangi pada patroli kali ini diantaranya Kelurahan Tanah Grogot, Desa Tapis dan Desa Senaken. “Besok kami patroli untuk penurunan alat Perdaga,” katanya.

Sebelum memasuki hari pemungutan suara tanggal 17 April, menurut Aprianto merupakan fase krusial yang cenderung di warnai dengan praktik kecurangan. “Kita dihadapkan masa tenang tanggal 14 sampai16 April. Masa ini paling krusial. Ada kecurangan, politik uang, propaganda isu sara, penyebaran berita bohong, bahkan tak jarang terjadi benturan kekerasan antar masa pendukung peserta pemilu,” terang Aprianto.

Oleh karena itu Bawaslu beserta Panwaslu di kecamatan, melaksanaka Apel serentak sebagai tanda kesiapan mengawal sekaligus mengawasi tahapan puncak dalam Pemilu 2019.

“Jadikan Apel Patroli Pengawasan Anti Politik Uang ini sebagai momentum kesempatan utuk mengedukasi masyarakat indonesia agar berpartisipasi dalam pengawasan ” pungkas Aprianto. (Jya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *