H-1 Warga Mengeluh Belum Dapat C6, Ini respon KPU Kutim

KUTAI TIMUR, gerbangkaltim.com – Sehari sebelum pesta demokrasi digelar, masih ada saja masyarakat yang tidak mendapatkan formulir C6, sebagai undangan untuk memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Salah satunya, Agus Sugianto, warga asal Desa Sangatta Selatan. Dia mengaku hingga saat ini, masih belum mendapatkan undangan formulir C6. Padahal, jauh hari sebelumnya, dirinya telah berkoordinasi dengan pejabat desa setempat agar memperoleh formulir tersebut.

“Untuk pemilu 2019 ini saya dan istri kembali tidak dapat formulir C6, Pemilu 2018 lalu juga tidak dapat. Padahal semua keluarga saya dapat C6,” keluh Agus.

Permasalahan serupa juga banyak menyeruak dan dikeluhkan oleh netizen di sosial media Facebook. Salah satunya pemilik akun bernama Itaa yang dalam postingannya sedikit kecewa akibat dirinya juga tidak menerima C6. “Dilarang Golput, tapi undangan ga ada sampai,” PostinPosbedi beranda faceboooknya.

Menanggapi keluhan masyarakat Kutim terkait pemilih yang belum menerima C6 atau surat pemberitahuan mencoblos, Komisioner KPU Kabupaten Kutai Timur, Divisi Data Hasan Basri angkat bicara.

Dalam konfirmasinya kepada media ini melalui telepon, pada Selasa (16/4), Hasan menuturkan, bagi warga yang belum mendapatkan C6 dapat melakukan beberapa hal agar bisa menggunakan hak suaranya.

Di antaranya, pemilih dapat langsung menghubungi petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di daerah masing masing. Hasan juga mengatakan C6 berisikan beberapa informasi terkait pemilihan seperti nama pemilih, nomor, dan alamat TPS.

Sehingga, C6 tersebut merupakan pemberitahuan bukan sebagai undangan untuk pemilihan. “Formulir C6 ini berisi informasi bahwa pemilih tersebut namanya siapa dan seterusnya, nanti bisa memilih di TPS nomor berapa, alamatnya di mana. Jadi itu pemberitahuan, bukan undangan,” kata Hasan.

Khusus bagi warga Sangatta Selatan yang belum menerima C6 dirinya mengatakan memang sempat ada kekurangan C6 sekitar 1000 lembar namun langsung dilengkapi oleh KPU.

Namun dirinya memastikan kekurangan tersebut akan segera diselesaikan dan warga di Sangatta Selatan semuanya mendapatkan C6 atau surat pemberitahuan untuk mencoblos. “Kami hari ini, kembali turun kelapangan untuk melengkapi kekurangan yang terjadi,” bebernya.

Bahkan untuk memastikan lagi jumlah warga yang belum mendapatkan C6 dirinya mengatakan akan melakukan pengecekan dan turun langsung ke kantor PPS di tingkat Desa/Kelurahan Sangatta Selatan.

“Memang untuk Sangatta Selatan sempat ada kekurangan sekitar 1000 C6, sehingga mengalami keterlambatan saat pendistribusian, untuk warga yang belum mendapatkan surat pemberitahuan tersebut,” tegasnya. (gps)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *