Sekda Paser : Kondisi Daerah Aman dan Kondusif Saat Pemilu

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya pada Kamis (18/4) di Pendopo Kabupaten, menyampaikan situasi daerah pasca pemilu serentak yang digelar satu hari sebelumnya. Penyampaian itu dilkaukan melalui video conference yang juga diikuti 9 Kabupaten/Kota di Kaltim, bersama sejumlah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dalam penyampaian Katsul kepada Gubernur yang diwakili para pejabat Propinsi Kaltim, disampaikan bahwa kondisi Paser selama penyelenggaraan pemilu serentak dalam keadaan kondusif dan tertib.

“Alhamdulilah pemilu di Paser berjalan lancar. Mohon maaf, bapak Bupati tidak bisa hadir karena kondisi kesehatan yang kurang baik. Meski demikian, menurut pantauan unsur Forkopimda pada saat pencoblosan, pelaksanaannya berjalan lancar,” kata Katsul Wijaya.

Pada kegiatan video conference ini Katsul didampingi Ketua KPU Paser Abdul Qoyim, Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol (Czi) Widya Wijanarko, Kajari Paser M. Syarif, Ketua Bawaslu Paser Aprianto dan Asisten Administrasi Arief Rahman, diikuti sejumlah Kepala OPD.

Dalam kegiatan itu Sekda Katsul menyampaikan, dari 185.830 pemilih yang tersebar di 803 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 139 desa 5 kelurahan yang ada di 10 kecamatan di Paser, dipastikan surat suara sudah tiba sebelum waktu pencoblosan.

“Terkait surat suara dan perlengkapan pemilu sudah sampai sebelum pencoblosan. Hasil peninjaua, pada H-1 memang ada kekurangan di beberapa TPS, terutama di TPS tambahan. Namun semuanya sudah bisa ditangani,” kata Katsul.

Hingga kegiatan itu dilaksanakan pada Pukul 15.00 waktu setempat, Sekda Paser belum bisa menyampaikan persentase partisipasi pemilih dikarenakan pihak KPU masih melakukan scanning C1 dan pendistribusian surat suara dari KPPS ke PPK pun belum 100 persen.

“Terkait dengan presentaser partisipasi pemilih, belum dapat kami sampaikan. Baru 80 persen pergeseran logistik dari TPS ke PPK. Bahkan saat ini masih ada penghitungan formulir C1. Mudahan bisa didistribusikan ke PPK. Di kesempatan lain mudah-mudahan kami dapat sampaikan berapa persentase partisipasi pemilih,” kata Katsul.

Katsul juga mengatakan, berdasarkan informasi dari KPU, untuk 10 TPS Tambahan di 5 kecmatan, meski ada keterlambatan pendistribusian, namun sudah dilaksanakan. “Alhamdulilah sudah disampaikan laporannya ke PPK masing masing kecamatan,” kata Katsul.

Di akhir penyampaiannya, Katsul menyampaikan kondisi keamanan dan ketertiban satu hari setelah pencoblosan. “Berkat kerjasama Kodim, Polres, Satpol PP dan masyarakat, Pemilu di Paser berjalan aman dan tertib. Mudahan bisa berlanjut sampai penghitungan suara dan pleno di KPU,” tutur Katsul. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *