Satlantas Polres Balikpapan Akan Laksanakan Operasi Simpatik 2019

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Satlantas Polres Balikpapan dalam waktu dekat ini akan segera melaksanakan Oprasi Simpatik 2019 disejumlah titik jalan di Balikpapan.

Operasi Simpatik 2019 rencananya akan mulai digelar pada Senin 29 April hingga 12 Mei 2019 mendatang. Dalam Oprasi ini Satlantas Polres Balikpapan akan lebih mengedepankan tindakan preventif, namun jika mendapati adanya pengendara yang melakukan pelanggaran dan berpotensi penyebab terjadinya laka lantas, penindakan berupa tilangpun terpaksa di lakukan.

“Kami akan lebih mengedepankan sosialisasi keselamatan berlalu lintas, berikan imbauan, kampanyekan safety reading, driving yang melibatkan komunitas. Baik komunitas motor, mobil maupun komunitas lainnya,” ujar Kasat Lantas Polres Balikpapan, AKP Noordhianto, Jumat (26/4).

Dalam operasi ini kendaraan yang disasar diantaranya kendaraan yang tidak laik jalan, serta pelanggar yang tidak tertib berlalu lintas. “Ada tujuh pelanggaran yang menonjol yang akan kami lakukan penindakan berupa tilang, di luar itu kami berikan teguran secara tertulis,” tegasnya.

Adapun tujuh pelanggaran yang menjadi atensi lantaran dapat menyebabkan laka lantas diantaranya, tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk keselamatan, melampaui batas kecepatan, mengemudi dalam keadaan mabuk, menggunakan handpone saat berkendara, anak di bawah umur berkendara dan melawan arus.

Lanjut Noordhianto, target Oprasi Simpatik sendiri dapat berkurangnya kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan tertibnya saat berkendara. Terlebih pasca pemilihan umum (pemilu) saat ini.

“Polisi bukan cari keselahanan tapi meningkatkan disiplin dalam aturan berlalu lintas. Pedoman tiga siap, siap kondisi pengemudi, siap kondisi kendaraan dan siap untuk menaati peraturan lalu lintas,” ujarnya.

Dari catatan Satlantas Polres Balikpapan, dalam tahun 2019 ini jumlah pelanggaran relatif menurun. Hal ini terjadi lantaran di awal tahun tersbeut memasuki tahap pemilihan umum. Yang di mana jajaran Satlantas terfokus untuk mensukseskan jalannya tahapan pemilu.

“Pelanggaran mengalami penurunan, rata-rata sebulan 600 pelanggaran ditilang, karena lebih mengedepankan preemtif dan preventif, lebih mengedepankan dalam tahapan pemilu kemarin,” jelasnya.

Untuk itu masyarakat khususnya para pengendara tidak khawatir ketika jajaran Satlantas melakukan operasi. Asalkan tidak melakukan pelanggaran dan surat-surat kendaraan lengkap, dipastikan akan aman dari penindakan tegas berupa tilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *