Paser - May 9, 2019

Bulog Paser: Kebutuhan Bahan Pokok Aman Selama Ramadan

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Perum Bulog melalui Kantor Seksi Logistik (Kansilog) Tanah Grogot Kabupaten Paser, Kalimantan Timur memastikan ketersediaan kebutuhan barang pokok seperti beras, minyak dan gula pasir cukup selama Ramadan.

“Kami pastikan stok aman selama bulan Ramadan. Dalam waktu dekat kami akan menggelar operasi pasar bersama Tim Pemantau Inflasi Daerah dari Pemkab Paser,” kata Kepala Kansilog Tanah Grogot Panji Lintang, di Tana Paser, Rabu (8/5/2019).

Stok beras yang dimiliki Bulog untuk dua Kabupaten yaitu Paser dan Penajam Paser Utara sebanyak 1.500 ton, dan 250 ton di antaranya tersimpan di gudang bulog Tanah Grogot. “Dalam waktu dekat secara bertahap akan ada pemindahan stok beras dari gudang Penajam ke sini sebanyak 750 ton. Jadi total beras di Paser sebanyak 1.000 ton. Ini bisa bertahan sampai 8 bulan,” terang Panji.

Untuk gula lanjut dia, Bulog telah menyediakan 5 ton, sedangkan 15 ton dari Balikpapan siap dikirim jika stok gula di Paser telah habis. “Kalau minyak, 1.400 liter juga ada. Stok cadangan ada 4.00 liter di gudang Balikpapan,” ucap Panji.

Selain itu, untuk daging, Bulog sudah menyiapkan 500 kg dan dalam waktu dekat akan ada kiriman 6 ton dari Jakarta.

Sebelumnya satgas Pangan yang terdiri dari unsur Pemkab Paser dan kepolisian telah melakukan sidak ke pasar Senaken untuk mengecek ketersediaan bahan pokok, yang menjadi sorotan adalah melonjaknya harga bawang putih yang mencapai Rp130 ribu per kilogramnya.

“Untuk bawang putih tidak ada dalam operasi pasar. Kami masih menunggu arahan pimpinan dari pusat. Operasi Pasar kami rencanakan di minggu kedua Ramadan,” pungkas Panji. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kementerian Pariwisata Tinjau Lokasi Kampung Wisata Warna-Warni

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meninjau kampung w…