Paser - May 9, 2019

Empat Toko di Komam Paser ditemukan Jual Obat Terlarang

Muara Komam, InfoPublik – Sebanyak 4 toko di Kabupaten Paser Kalimantan Timur, ditemukan menjual jenis obat-obatan berlebel ‘K’ berwarna merah yang dilarang peredarannya, saat sidak yang dilakukan pemerintah Kecamatan Muara Komam bersama aparat kepolisian, TNI dan puskesmas setempat, Kamis (9/5).

“Ada empat toko yang menjual obat berlebel ‘K’ ini. Jenis obat itu dilarang dijual tanpa ada resep dokter,” kata Kepala Puskesmas Muara Komam Anang Jarkani.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tanun 2009 tentang kesehatan, pada pasal 198 disebutkan bahwa setiap orang yang yang tidak memiliki keahlian dan kewenangan dilarang mengadakan penyimpangan, mengolah, mempromosikan obat dan bahan yang berkhasiat obat.

“Jika ditemukan ada toko obat seperti itu, maka akan mendapat sanksi sesuai dengan pengawasan dan pembinaan obat keras tanpa ijin,” kata Anang.

Anang menekankan, setiap orang yang tidak memiliki kehalian dan kewenangan untuk melakukan praktek kefarmasian itu akan dipidana dengan denda paling banyak Rp.100 juta.

Obat keras berlebel ‘K’ merah ini merupakan jenis obat-obatan yang digunakan harus menggunakan resep dokter memiliki efek samping jika dikonsumsi melebihi dosis tanpa anjuran dokter.

“Pemilik sudah kami sodorkan surat pernyataan tidak lagi menjual obat yang berlebel K merah,” kata Anang.

Sementara Apoteker pada Puskesmas Muara Komam Dellyna membenarkan bahwa obat-obatan berlebel ‘K’ merah itu merupakan jenis obat yang memerlukan resep dari dokter.

“Obat yang ada logo K harus dengan resep dokter, karena ada efek sampingnya. Pasien perlu perhaian khusus dan pengawasan bila mau meminum obat itu. Obat itu memang tidak boleh diperjualbelikan jika tidak punya ijin,” kata Dellyna.

Selain jenis obat berlebel ‘K’ merah, terdapat jenis obat terlarang lain yang perlu dosis dari dokter untuk penggunaannya yaitu yang bersimbol lingkaran merah dengan tanda plus obat. Obat ini mengandung narkotika dan perlu dosis yang sesuai dari dokter. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kementerian Pariwisata Tinjau Lokasi Kampung Wisata Warna-Warni

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meninjau kampung w…