Balikpapan - GerbangKALTIM - May 28, 2019

Ribuan Pemudik Tinggalkan Kaltim Lewat Pelabuhan Semayang Balikpapan


BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,– Ribuan pemudik dari sejumlah kota dan kabupaten di Kaltim pulang ke kampung halamannya melalui Pelabuhan Semayang Balikpapan. Mereka menggunakan kapal laut karena tiket pesawat terbang yang melonjak.

Diperkirakan sekitar 5.000 lebih arus mudik yang diangkut dengan menggunakan dua kapal penumpang milik PT. Pelni yakni KM Labobar dan KM Umsini, masing-masing tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Makassar.

KM Labobar dari Tarakan Kaltara mengangkut sebanyak 2.500 penumpang arus mudik tujuan Surabaya. Sedangkan KM Umsini juga mengangkut penumpang arus mudik sebanyak 2.500 untuk tujuan Makassar.

Kepala Pelni Cabang Balikpapan Yohanes Bane mengatakan, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 30 Mei dan 2 Juni. Untuk menjaga desak-desakan akibat jumlah penumpang yang membludak, petugas menggunakan sistem buka tutup dan garbarata.

Menurutnya, Pelni Cabang Balikpapan menyiapkan 3 kapal yang eksisting dan juga menambah frekwensi kebarangkatan kapal dari Balikpapan masing-masing KM Lambelu, KM Bukit Siguntang dan KM Labobar.

“Ada tiga kapal penumpang tambahan dari Pelabuhan Semayang yakni KM Dorolonda, KM Umsini dan KM Nggapulu,” ujarnya.(mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wagub Kaltim Apresiasi Peran Karantina Pertanian Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Kementerian Pertanian melalui Balai Karantina Pertan…