GerbangKALTIM - May 29, 2019

Bantu Angkut Pemudik di Balikpapan, TNI AL Kerahkan KRI Surabaya

BALIKPAPAN – Kementerian Perhubungan dan Mabes TNI Angkutan Laut (AL) telah berkoordinasi mengangkut pemudik asal Kaltim khususnya Pelabuhan Semayang Balikpapan menggunakan kapal perang KRI Surabaya dengan kapasitas 1.000 penumpang.

Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan Wahyu Cahyono.

“Tadi malam saya baru dapat informasi dari Mabes TNI AL bahwa hari Senin kemarin telah dilaksanakan rapat kordinasi antara Kementerian Perhubungan dengan Mabes TNI AL akan diadakan kapal KRI untuk mendukung arus mudik lebaran menggunakan kapal laut,” ujar Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan Wahyu Cahyono.


Kenapa kok di Balikpapan, kata Wahyu Cahyono, karena di Balikpapan ini kecenderungannya warga menggunakan kapal laut meningkat. Hal ini karena angkutan menggunakan pesawat terbang di Bandara Sepinggan mengalami penurunan. Mungkin karena harga tiket yang mahal.

Dia mengungkapkan, rencananya KRI Surabaya akan tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan pada 31 Mei atau paling lambat 1 Juni. Kemudian akan mengangkut pemudik menuju Surabaya tanpa biaya alias gratis. Namun hanya sekali angkut.

“Yang jelas dari Mabes TNI AL sudah menyiapakn KRI Surabaya kapasistas 1000 orang ini akan diangkut secara gratis. Tanggal 1 Juni Pukul 20.00 wita malam kira KRI Surabaya akan mengangkut warga Balikpapan yang akan mudik ke Jawa tujuannya ke Surabaya jam 8 malam itu,” ujarnya

Dijelaskan, untuk tekhnisnya akan bicarakan dengan KSOP, Pelindo dan Pelni. Sebagian besar yang tidak mendfapatkan tiket akan diangkut menggunakan KRI Surabaya.

Selama ini kapal perang TNI AL hampir setiap tahun diperbantukan mengangkut pemudik dari sejumlah wilayah, termasuk Pelabuhan Semayang Balikpapan. Khususnya tujuan Surabaya yang cukup banyak jumlahnya selain tujuan Makassar.

“Ini sudah beberapa kali cuma posisinya bergantian, cuma Kementerian Perhubungan melihat kenapa harus di Balikpapan mungkin karena peningkatan penumpang yang sangat tinggi di Balikpapan peralihan dari pesawat,” ujarnya.(mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wagub Kaltim Apresiasi Peran Karantina Pertanian Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Kementerian Pertanian melalui Balai Karantina Pertan…