GerbangKALTIM - GerbangNEWS - May 31, 2019

Diduga Kesambar Setrum Tenaga Matahari, Kios BBM di Atas Laut Penajam Terbakar

PENAJAM, Gerbangkaltim.com,– Musibah kebakaran kembali terjadi di sebuah kios bahan bakar minyak (BBM) yang terletak di atas laut tak jauh dari pelabuhan Ferry Penajam – Balikpapan, Jumat (31/5/2019). Kebakaran diduga akibat adanya percikan api dari sebuah aki isi ulang yang bersumber dari listrik tenaga matahari.

Akibat kebakaran ini, kios BBM milik Naruddin (55) yang berada di Pantai Pasar Lama, Jl. Panglima Beta RT 11 No 23, Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), ludes terbakar. Kios BBM ini biasanya melayani bahan bakar untuk kapal-apal speedboat yang mencari penumpang sekitar Pelabuhan Penajam.

Kebakaran bermula ketika pukul 06.30 WITA kemenakan Naruddin yang bernama Dale,  tiba di kios tersebut untuk mencampur BBM yang akan dijual hari itu. Di kios itu terdapat aki isi ulang menggunakan tenaga matahari yang selalu aktif tersambung. Namun, pada saat memindahkan BBM, Dale melihat ada percikan api dan sekejap langsung menyambar BBM yang berada di dalam kios.

Seluruh kios BBM dan isinya ludes terbakar. (mh/gk)

Api begitu cepat membakar seluruh bangunan kios. Asap hitam dan kobaran api makin menjadi hingga akhirnya mendapat bantuan pemadaman dari personel Satpolair Polda Kaltim yang datang membawa kapal tug boat TB Pandu Aditya milik perusahaan Chevron. Sekira satu jam lebih, api baru dapat dipadamkan, namun seluruh bangunan kios BBM sudah jadi arang.

Sementara Dale yang berada di lokasi kejadian, mengaami luka bakar di beberapa tubuhnya, namun tidak terlalu serius. Sebab, saat api membesar, Dale langsung loncat ke dalam air untuk menghindari api.

Akibat kejadian ini, pemilik kios mengalami kerugian seratusan juta rupiah lebih. Secara rinci api membakar bensin sebanyak 470 liter dengan nilai Rp 3,7 juta, kemudian 20 liter oli senilai Rp 900.000,  suku cadang speed senilai 1,7 juta, uang tunai Rp 700.000 serta bangunan senilai Rp 100 juta. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wagub Kaltim Apresiasi Peran Karantina Pertanian Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Kementerian Pertanian melalui Balai Karantina Pertan…