Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Ketua Komite Olahraga Nasional (Koni) Kabupaten Paser Totok Sumardiono memperkirakan bulan Juli mendatang, bonus untuk para atlet yang telah berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim di Sangatta.

“Harapan kami bulan ini sudah bisa cair untuk bonus. Namun kami usahakan bisa cair bulan Juli nanti,” kata Totok di Tanah Grogot, Selasa (25/6).

Bonus untuk atlet Porprov kata Totok telah dianggarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser pada APBD 2019.

Sebelumnya Bupati Paser telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Hibah kepada Koni terkait pemberian bonus atlet tersebut.

“Sudah ada SK Bupati untuk bonus. Sebagian penyaluran bonus melalui rekening Koni dan sebagian lagi melalui rekening Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata,” ucap Totok.

Pada Porprov Kaltim di Sangatta Desember 2018 lalu, Pemkab Paser meraih total 95 mendali diantaranya 17 emas, 34 perak, dan 54 perunggu.

“Perolehan mendali ada yang perorangan dan beregu. Tapi total keseluruhan 95 mendali. Untuk peraih emas mendapat bonus Rp.25 Juta. Total bonus atlet ini Rp.2 Milyar,” ujar Totok.

Terkait dana talangan atau hutang Koni kepada pihak lain, Toto mengaku akan mencari pendanaan lain di luar alokasi anggaran bonus tersebut.

“Memang nanti dibayarkan hutan Koni. Kami tahu beban Koni memang masih banyak. Jadi nanti kami cari sumber lain untuk membayarnya. Soalnya jika dibayar dari bonus itu tidak mungkin,” tukas Totok. (Jya)