Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser menggelar lomba cipta menu makanan bergizi di Gedung PKK, yang diikuti Tim Penggerak PKK di 10 kecamatan di daerah itu, Selasa (16/7). Sebanyak 12 desa binaan dari 10 PKK Kecamatan turut serta dalam lomba tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser Amininsyah mengatakan lomba tersebut digelar dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang bergizi.

“Selain itu juga agar masyarakat dapat menciptakan menu yang beragam dan bergizi. Sehingga tercipta keluaga yang berkualitas,” kata Amininsyah.

Lomba tersebut merupakan agenda tahunan rutin yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Paser, sebagai bentuk sosialisasi yang terus menerus digaungkan kepada masyarakat.

“Sehingga akhirnya nanti kita cerdas memilih pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman,” kata Amininsyah.

Menu yang bergizi diharap dapat memenuhi karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral. “Sehingga bila dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang dapat memenuhi kecukukpan gizi yang dianjurkan,” ucap Amininsyah.

Susunan menu yang diperlombakan adalah menu lengkap untuk dua hari dengan bahan pangan sumber karbohidrat selain beras dan terigu, yang harganya tidak melebihi Rp.100 ribu untuk menu perhari.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Ketahanan Pangan Paser melibatkan juri dari PKK Kabupaten Paser. Pemenang lomba mendapatkan piala, sertfitkat, dan hadiah tambahan.

“Juara 1 akan diikutsertakan dalam lomba serupa di tingkat Provinsi Kaltim tanggal Agustus 2019 di samarinda,” ucap Amininsyah. (MC Kominfo Paser)