Pemkab Paser Harap PEDA KTNA Jadi Ajang Inovasi

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Asisten Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Paser Ina Rosana berharap perhelatan Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-10 Tingkat Provinsi Kaltim yang dilaksanakan di Berau pada 20 hingga 25 Juli 2019, dapat menjadi ajang untuk bertukar informasi sehingga para petani dan nelayan dapat berinovasi di daerah.

“Harapannya dimanfaatkan dengan baik oleh petani kita, nelayan dan penyuluh. Sebagai momen bertukar informasi dan meningkatkan keterampilan,” kata Ina Rosana usai pelepasan peserta Peda, di Pendopo Kabupaten, Selasa (16/7).

Dengan bertukar informasi di kegiatan tersebut, diharap peserta memiliki wawasan yang luas dan keterampilannya pun meningkat.

“Sehingga setelah itu petani dan nelayan di Paser, dapat bersaing dengan petani di daerah lain. Wawasan dan daya saingnya juga meningkat. Dengan itu bisa membangun jejaring sosial, sehingga dapat berinovasi di daerah,” katanya.

Apa yang didapatkan peserta Peda lanjut Ina, diharap dapat diterapkan di daerah, khususnya dalam meningkatakan produktiftas pertanian dan perikanan budidaya tangkap, sehingga kesejahteraan petani pun meningkat.

Sebelumnya di Peda KTNA ke-9 tahun 2016 di Penajam, kontingen Paser pada saat itu terpilih sebagai juara umum. Prestasi yang diraih tiga tahun lalu itu diharap dapat dipertahankan.

“Harapannya prestasi itu bisa dipertahankan. kami berharap pada kegiatan itu, kontingen bisa membawa nama baik Kabupaten Paser kepada daerah-daerah lain,” ucap Ina .

“Sehingga setelah itu petani dan nelayan di Paser, dapat bersaing dengan petani di daerah lain. Wawasan dan daya saingnya juga meningkat. Dengan itu bisa membangun jejaring sosial, sehingga dapat berinovasi di daerah,” katanya.

Ketua KTNA Paser Abdul Sani mengatakan dalam kegiatan tersebut, terdapat 85 peserta yang terdiri dari petani, nelayan dan penyuluh. Saat ini pihaknya telah mempersiapkan materi yang akan ditampilkan dalam pameran.

“Pameran sudah siap dan kesiapan untuk lomba sudah juga. Hari ini pemantapan untuk tugas masing-masing peserta,” kata Sani.

Sani optimis pihaknya bisa mempertahankan juara umum yang pernah diraih tiga tahuh lalu. Meski diakui ada kendala anggaran dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, kekompakan peserta menjadi kunci keberhasilan dalam mempertahankan juara.

“Yang penting setiap peserta kompak. Yang sudah dipersiapkan untuk ditampilkan pada acara sudah matang. Semua siap meski ada kendala dana,” ucap Sani. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *