KTNA Paser Minta Gubernur Kaltim Tangani Anjloknya Harga Sawit

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Paser, Abdul Sani meminta kepada Gubernur Kaltim Isran Noor, untuk turut menyelesaikan persoalan turunnya harga sawit di Kabupaten Paser.

Hal tersebut dikatakan Sani saat bertemu dengan Gubernur Kaltim Isran Noor pada pembukaan Pekan Daerah (Peda) KTNa ke-10 Tingkat Provinsi Kaltim di Kabupaten Berau, Sabtu (20/7).

Bersama petani dari daerah lain, Sani menyampaikan tidak berjalannya kemitraan antara petani kelapa sawit dengan perusahaan.

“Dengan tidak terbentuknya kemitraan petani perkebunan, baik itu kebun kelapa sawit, lada dan karet, kita ketahui beberapa tahun ini, harga komoditi itu anjlok sangat turun, adakah solusi pemerintah provinsi untuk melindungi nasib petani ini,” kata Sani.

Sebelumnya Pemkab Paser telah melakukan beberap kali pertemuan antara petani dan perusahaan dan menyepakati akan berjalannya kemitraan antara petani kelapa sawit dengan perusahaan.

“Karena terus terang kemitraan sudah terbentuk namun pihak perusahaan tidak mau mematuhi ketentuan harga yang ditetapkan dari pemerintah,” kata Sani.

Sani berharap harga Tandan Buah Segar Kelapa sawit di Kabupaten Paser, dapat dibeli perusahan dengan harga yang telah ditetapkan tim dari Pemerintah Provinsi Kaltim.

Ia sangat berharap ada solusi dari Pemprov Kaltim terhadap permasalahan tersebut sehingga turunnya harga tidak berlarut-larut dan menyengsarakan petani di Kabupaten Paser.

“Jadi kami mohon perlindungan petani yang kena musibah harga anjlok,” kata Sani. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *