3 Calon Pejabat Eselon II Paser Gugur

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Dari 30 peserta lelang jabatan eselon II di lingkup Pemerintah Kabupaten Paser, terdapat 3 orang tidak mengikuti seleksi penulisan makalah yang dilaksanakan, Rabu (24/7). Sehingga ketiga orang tersebut gugur atau tidak bisa mengikuti tahapan seleksi berikutnya.

“Ada 3 orang yang tidak mengikuti seleksi penulisan makalah untuk lelang jabatan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) yang dilaksanakan kemarin,” kata Kasubid Pengembangan dan Diklat BKPP Paser, Liswandi, di Tanah Grogot, Kamis (25/7).

Liswandi mengaku tidak mengetahui alasan ketidakhadiran tiga orang tersebut. Namun yang pasti, masih banyak tahapan seleksi yang harus diikuti para peserta lelang jabatan.

Sebelumnya, Panitia Seleksi (Pansel) Lelang Jabatan telah membuka seleksi untuk 3 jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II. Ketiga jabatan tersebut yakni Kepala BKPP, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP), dan Kepala Dinas Perikanan.

Jabatan Kepala BKPP paling banyak peminatnya dibanding dua jabatan lainnya. Untuk jabatan tersebut tercatat ada 18 pelamar, 7 orang pelamar untuk jabatan Kepala Dinas Perikanan dan 5 pelamar untuk jabatan Kepala DKP.

Liswandi mengatakan tahap selanjutnya yang akan diikuti peserta lelang adalah seleksi presentasi atau wawancara, yang akan dilaksanakan di Balikpapan pada 26 dan 27 Juli 2019. “Tahap selanjutnya tes wawancara tanggal 26 dan 27 di Balikpapan,” ucapnya.

Liswandi mengatakan, peserta lelang telah memenuhi syarat administrasi. Syarat khususnya diantaranya adalah sedang menduduki Jabatan Administrator (eselon III.b) minimal selama 3 tahun dan (eselon III.a) selama 2 tahun.

Kemudian untuk pelamar jabatan eselon II, syaratnya minimal sudah 2 tahun dalam jabatan terakhir.

“Semua secara administrasi telah memenuhi syarat dan sudah berdasarkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN),” kata Liswandi.

Dari 30 pelamar jabatan eselon II ini, kebanyakan adalah pejabat eselon III, yang telah memenuhi syarat dimaksud.

Namun ada satu nama, yaitu Adi Maulana, yang pernah menduduki jabatan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) namun mengundurkan diri beberapa waktu lalu. Saat ini ia staf di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata. (Jya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *