Bisnis Gula Aren Paska Anjlok Harga Sawit

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Dalam lomba Temu Karya Pekan Daerah (PEDA) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-10 Tingkat Provinsi Kaltim di Kabupaten Berau, KTNA Paser memperkenalkan produksi jahe aren kepada para petani dari berbagai daerah.

Lomba yang digelar di Pendopo Kantor Desa Labanan Makmu Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau, Rabu (24/7) bertujuan untuk menukar pengalaman dalam rangka mengembangkan usaha tani.

Arbani, penggagas produk jahe aren, mengatakan bahwa inovasi gula aren berawal dari anjloknya harga kelapa sawit di Kabupaten Paser.

“Ide ini muncul karena harga sawit anjlok. Maka kami melakukan pengembangan dari sektor komoditi aren. Alhamdulillah sampai saat ini pasaran sangat meningkat, bahkan kami kewalahan dalam memproduksi,” kata Arbani.

Sasaran pasar untuk produksi gula aren adalah angkringan dan kafe. Menurut Arbani, pelaku usaha banyak membutuhkan bahan baku dari jenis aren, terutama jahe aren dan gula semut aren yang bahan bakunya ada di Kabupaten Paser.

pada lomba ini, KTNA Paser memaparkan penulisan dengan judul pengembangan usaha produksi jahe aren. Meski tidak berhasil menjadi juara I, Arbani mengaku bersyukur dengan raihan juara yang sudah didapat.

“Alhamdulillah kita memperoleh juara III, setidaknya ini adalah motivasi bagi kita semua, terkhusunya kami kelompok Tani Buen Were, untuk terus mengembangkan produk unggulan Kabupaten Paser,” ucap Arbani

Dalam lomba ini, KTNA Berau berhasil keluar sebagai juara dengan skor 89,67. Posisi kedua ditempati Kutai timur dengan skor 88,33 dan Kabupaten Paser di posisi juara III dengan skor 87. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *