Manfaatkan Tanah Gersang di Kaltim Buat Tanam Buah Aren

Tana Paser, Gerbangkaltim.com Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Provinsi Kaltim Ibrahmi menilai, usaha gula aren bisa menjadi satu opsi atau pilihan dalam berwirausaha, khususnya kepada pemuda petani.

“Karena pohon aren ini bisa mampu meningkatkan pendapatan masyarakat, terutama pemuda-pemuda tani yang mempunyai kegiatan untuk mengembangkan jahe aren ataupun gula aren ini,” kata Ibrahmi saat acara Pekan Daerah (PEDA) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-10 Tingkat Provinsi Kaltim di Kabupaten Berau, Rabu (24/7).

Menurut Ibrahim, inovasi usaha di sektor gula aren perlu diapresiasi dan didukung. “Memang inikan ada hasil dari pada pemuda-pemuda tani, mereka punya kreasi untuk memproduksi yang Namanya jahe aren ataupun gula semut dari pohon aren,” katanya.

Terlebih, lanjut Ibrahim, gula aren tidak akan menyebabkan penyakit gula. Oleh karena itu, produk tersebut terbilang aman untuk diproduksi. “Walaupun dimakan banyak tidak menyebabkan penyakit gula, beda dengan kalau asalnya dari gula tebu,” ucap Ibrahim.

Oleh karena itu, kata Ibrahim, sebaiknya tanah-tanah gersang di Kaltim termasuk Paser, agar dapat dimanfaatkan dengan ditanami pohon aren. “Saya berharap tanah-tanah gersang itu coba ditanami pohon aren, sehingga bisa bermanfaat,” ujarnya. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *