GerbangKALTIM - GerbangNEWS - HL - July 30, 2019

Gudang BFI di Jenebora Dilalap Api 7 Jam

PENAJAM, Gerbangkaltim.com – Kebakaran besar yang melanda gudang pabrik PT Balikpapan Forest Industry (BFI) di Kelurahan Jenebora, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Utara, Kalimantan Timur, berlangsung lebih dari tujuh jam.
Informasi yang didapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Penajam Paser Utara, api baru cenderung bisa dikuasai setelah pukul 03.00 Wita pada Rabu (31/7/2019). Padahal, kebakaran tersebut sudah berlangsung sekitar pukul 19.26 Wita sehari sebelumnya.
Kebakaran tersebut, diduga terjadi akibat arus pendek listrik yang berasal dari kantor produksi II. Api dengan cepat merambat ke gudang resin/kimia. Api cepat bergejolak karena gudang tersebut menyimpan sebagian plywood yang siap ekspor.

Salah satu sudut gudang BFI yang terbakar. (foto: M Hilmansyah/gk)

Tak hanya menghabiskan plywood, api juga sempat menyambar sebuah tabung oksigen. Akibatnya, sempat terjadi bunyi ledakan di lokasi kebakaran.
Pihak PT BFI, melalui HSE, sempat berupaya menangani kebakaran tersebut. Tapi, mereka kesulitan karena api cepat membesar, sementara PT BFI hanya memiliki peralatan berjumlah dua unit.
Bala bantuan pemadam kebakaran pun datang untuk berupaya menjinakkan api. Bantuan itu antara lain datang dari DKKP Pos Maridan, Pos Sotek, Pos Penajam, BPBD, PHKT, Kodim 0913/PPU, Polres PPU, dan warga sekitar.
Hingga terjadi pergantian hari, tepatnya pada pukul 24.00 Wita, api masih belum bisa dikendalikan sepenuhnya. Tim gabungan pemadam kebakaran masih berupaya menjinakkan api. Tim mencoba melakukan penyekatan agar api tak merembet ke gedung lainnya, termasuk juga mengadang agar tak menyambar perumahan.

Bupati PPU ikut membetulkan slang yang bocor dalam upaya pemadaman di BFI.(foto: M Hilmansyah/gk)


Amuk si jago merah baru mulai relatif mereda sekitar pukul 03.00 Wita. Tim gabungan cenderung sudah bisa menguasai api.
Dalam salah satu peristiwa kebakaran besar di PPU itu, Bupati Abdul Gafur Mas’ud sempat melakukan peninjauan ke lokasi kebaran. Gafur bahkan sempat memasang selang pemadam kebakaran yang putus.
Sejauh ini belum diketahui berapa nilai kerugian akibat kebakaran hebat itu. Hanya, kantor produksi II dan gudang PT BFI hangus dijilat api. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wagub Kaltim Apresiasi Peran Karantina Pertanian Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Kementerian Pertanian melalui Balai Karantina Pertan…