Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Paser pada tahun 2019 mendapatkan alokasi dana dari Kementerian Agama (Kemenag) sebesar Rp.15 Milyar lebih untuk pembangunan dua gedung pembelajaran.

Pada Sabtu (3/8) pagi, peletakan batu pertama gedung tersebut dilakukan, dihadiri Asisten Kesra Setda Paser Bachtiar Efendi, Ketua DPRD Ikhwan Antasari, Kepala Kemenag Paser Mohlis, dan mantan Ketua DPRD Paser Kaharudin.

Menurut Kepala Sekolah MAN IC Paser Khoirul Anam, dua gedung tersebut akan digunakan sebagai pusat kegiatan pendidikan terpadu dan layanan siswa.

“Sekitar Rp.15 Milyar anggarannya. Untuk gedung pendidikan terpadu dan layanan siswa,” ujar Khairul, saat peletakan batu pertama gedung.

Sebelumnya Pemkab Paser dan Kemenag kata ia, telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama terkait pembangunan gedung tersebut.

Kedua belah pihak menyepakati adanya pembagian tugas dan tanggungjawab, dalam rangka terwujudnya pembangunan gedung itu.

“Kesepakatannya, bangunan fisiknya dari Kemenag sementara pematangan lahan dan pemenuhan fasilitas air serta listrik dari Pemkab Paser,” kata Khairul.

MAN IC merupakan sekolah menengah atas milik pemerintah di bawah pengelolaan Kemenag yang menerapkan sistem pendidikan boarding school atau asrama.

Oleh karena itu, pembangunan sarana pendidikan dan asrama terus diupayakan agar sistem tersebut dapat berjalan.

“Tahun depan secara reguler akan ada gedung tambahan lagi. Jadi seluruh pendidik wajib menetap,” ujar Khairul.

Asisten Kesra Setda Paser Bahtiar mengapresiasi sistem pendidikan yang diterapkan MAN IC dan berharap sekolah tersebut dapat bersaing dengan sekolah umum lainnya dalam hal prestasi.

“Saya yakin Man IC Paser terus dapat bersaing dan mampu meningkatkan prestasi,” ucap Bactiar. (Ral/Jya)