Paser - August 6, 2019

PWI dan MC Kominfo Paser Gelar Safari Jurnalistik di SMK 4

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Paser bersama Media Center (MC) Kominfo Paser menggelar kegiatan safari jurnalistik bertajuk ‘Jurnalist Goes To School’ di SMK 4 Tanah Grogot, Selasa (6/8). 

Acara dibuka dengan perkenalan profesi jurnalis oleh Ketua PWI Paser R. Wartono dan anggota PWI sekaligus wartawan Balikpapan Pos Susianto. Hadir pula Sekretaris PWI Paser Rusdiansyah.

Dari Jurnalis MC Kominfo Paser, Asmaul, menyampaikan materi tentang foto jurnalistik. Sementara Jurnalis MC Kominfo yang lain, Hutja Prasetya menyampaikan materi perencanaan liputan dan perbedaan antara media sosial dan produk jurnalistik.

“Kegiatan ini untuk memperkenalkan fungsi dan peran jurnalis kepada pelajar SMK. Kebetulan SMK memiliki jurusan multimedia yang kaitannya erat dengan kerja wartawan,” ujar Ketua PWI Paser Wartono.

Sekitar 100 pelajar SMK 4 mengikuti kegiatan ini. Mereka begitu antusias mengikuti kegiatan yang digagas PWI dan MC Kominfo Paser ini.

Wartono mengatakan setelah kegiatan ini akan ada kegiatan lanjutan berupa pelatihan kepada jurnalis sekolah yang aktif menulis seputar kegiatan sekolah di web milik SMK 4.

“Kedepan semacam akan ada pelatihan dan pembinaan kepada siswa yang aktif menulis, wartawan sekolah lah. Nanti diajarkan bagaimana penulisan yang benar sesuai kaidah jurnalistik,” terangnya.

Kepala SMK 4 Tanah Grogot M. Ghazali mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap ada tindak lanjutnya di kesempatan lain.

“Selanjutnya siswa kami ini perlu ada pembinaan, yang rajin menulis dan punya bakat. Karena kami juga ada web sekolah ada ada informasi dan berita kegiatan sekolah. Di situ siswa kami bisa diberdayakan,” harap Ghazali.

Jurusan Multimedia pertama kali dibuka di SMK 4 Tanah Grogot pada tahun 2014. Dibukanya jurusan itu tujuannya sebagai ajang promosi dalam bentuj video dokumentasi yang diajarkan di sekolah itu. Saat ini sekolah terebut telah meluluskan 3 angkatan. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kapolda Kaltim Kunjungi Polres Paser, Imbau Jaga Kamtibmas dan Kerukunan

PASER, Gerbangkaltim.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Timur,  Irj…