Paser - August 21, 2019

Kementerian Pariwisata Tinjau Lokasi Kampung Wisata Warna-Warni

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meninjau kampung warna-warni di Kabupaten Paser dalam rangka penilaian kelompok sadar wisata (pokdarwis) tingkat nasional, Selasa (20/8).

Pokdarwis di kampung yang berada di Desa Janju Kecamatan Tanah Grogot itu merupakan pokdarwis yang mewakili Provinsi Kaltim di tingkat nasioal.
Kepala bidang pengembangan masyarakat pariwisata Kemenpar, Ambarukmi mengatakan selain memberikan penilaian kepada pokdarwis di kampung itu, kedatanganya bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pokdarwis tersebut.

“Perlu kami apresiasi, karena pokdarwis memiliki peran untuk mengembangkan potensi wisata di lingkungannya,” kata Ambarukmi.
Pokdarwis merupakan kelompok non provit yang didalamnya terdapat berbagai mecam unit usaha.

“Tergantung kampung atau desanya masing-masing. Semakin banyak usaha semakin bagus,” katanya.

Kampung warna-warni merupakan kampung nelayan yang terdiri dari puluhan Kepala Keluarga. Disebut kampung warna-warni karena rumah-rumah di kampung tersebut dicat dengan berbagai macam warna.

Terdapat beberapa wahana wisata di kampung itu seperti bola air raksasas, motor-motoran air, dan wisata keliling hutan bakau dengan kapal cepat.

“Tempat bersih dan tidak kotor. Tempatnya bagus dan kampung ini bisa lebih maju,” kata Ambarukmi.

Setelah meninjau kampung tersebut, kemenpar kata ia, berjanji akan menayalurkan bantuan melalui APBN kepada kampung tersebut.

“Nanti kita salurkan bantuan APBN melalui Pemprov Kaltim,” ucap Ambarukmi.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser Yusuf Sumako mengapresasi kunjungan tim Kemenpar ke kampug itu. Ia berharap dengan dikucurkannya bantuan APBN, wisata di kampung itu bisa lebih maju dari saat ini. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Cegah Infeksi Pernapasan, Dinas Kesehatan Paser Bagikan 750 Masker

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Untuk mencegah terjadinya penyakit Infeksi Saluran Pernapa…